12 Tornado Ancam Jutaan Rumah di Amerika

    Arpan Rahman - 22 Mei 2019 18:09 WIB
    12 Tornado Ancam Jutaan Rumah di Amerika
    12 badai tornado mengancam wilayah Oklahoma, Amerika Serikat (AS). (Foto: Sky News).
    Oklahoma: Sekitar 12 tornado melanda Oklahoma, mengancam rumah yang dihuni enam juta orang. Angin sepoi-sepoi, hujan es, dan cuaca buruk telah menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah dan bangunan, dengan ancaman lebih seram membentang di wilayah 644 kilometer.

    Banjir bandang dari hujan deras dengan badai menjadi beberapa ancaman terbesar. Lebih dari selusin penampakan tornado dilaporkan di Oklahoma, Kansas, Texas, dan Missouri. Tetapi kebanyakan di daerah berpenduduk jarang.

    Penduduk Oklahoma gelisah lagi setelah enam tahun sejak tornado di Moore yang menewaskan 24 orang.

    Glynadee Edwards, direktur manajemen darurat Greer County, mengatakan beberapa rumah mengalami kerusakan atap, dan sekolah menengah pertanian hancur, tetapi ternaknya selamat. Sebuah rumah di Lucien, utara Oklahoma, rusak parah dan gudang hancur.

    Satu badai menghasilkan dua tornado di Norman. Ancaman badai ganas masih ada di Missouri dan Arkansas utara.

    Pernyataan dari gubernur Kevin Stitt yang dikeluarkan pada Senin berbunyi: "Beberapa putaran badai diperkirakan berpindah ke seluruh negara bagian hari ini hingga Selasa. Masyarakat didesak untuk waspada terhadap cuaca sepanjang hari dan malam serta memiliki banyak cara untuk menerima peringatan cuaca."

    "Individu dan keluarga harus meninjau rencana kesiapsiagaan mereka, mengisi ulang peralatan darurat, dan membersihkan tempat berlindung mereka yang aman, termasuk kamar yang aman, ruang bawah tanah, atau ruang interior tingkat terendah di rumah mereka. Bersiaplah untuk mengambil tindakan pencegahan darurat Anda sebelum kondisi berbahaya mengancam," cetusnya, disiarkan dari laman UPI, Selasa 21 Mei 2019.

    "Banjir bandang akan menjadi masalah tambahan, dan pengemudi diingatkan untuk tidak mengitari barikade atau ke jalan raya yang banjir," peringatnya.

    Beberapa sekolah telah ditutup ketika ramalan cuaca memperkirakan hujan es dan angin hingga 80 mil per jam. Penerbangan dibatalkan di Bandara Will Rogers World di Kota Oklahoma. Namun, cuaca tidak separah yang diperkirakan sebelumnya. Tidak ada cedera yang dilaporkan.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id