Setahun usai Ditikam, Presiden Brasil Jalani Operasi Hernia

    Medcom - 09 September 2019 16:04 WIB
    Setahun usai Ditikam, Presiden Brasil Jalani Operasi Hernia
    Presiden Brasil Jair Bolsonaro (tengah) dalam sebuah acara di Brasilia, 7 September 2019. (Foto: AFP/EVARISTO SA)
    Sao Paulo: Presiden Brasil Jair Bolsonaro menjalani operasi bedah hernia pada Minggu 8 September, sekitar satu tahun usai dirinya ditikam seseorang dalam sebuah acara kampanye. 

    Operasi ini merupakan kali keempat yang dijalani Bolsonaro, dan berlangsung di Rumah Sakit Vila Nova Star di Sao Paulo. Operasi berjalan lancar, dengan durasi lebih kurang lima jam.

    "Prosedur berjalan sukses," kata dokter bedah Antonio Luiz Macedo, dikutip dari laman Channel News Asia, Senin 9 September 2019. Bolsonaro disebut berada dalam kondisi stabil.

    Macedo mengatakan sebagian usus Bolsonaro harus disingkirkan karena sempat menempel begitu kuat di dinding perut. Semacam implan ditaruh di tubuh Bolsonaro demi memperkuat jaringan otot sang presiden.

    Sekitar 10 persen pasien penikaman seperti Bolsonaro yang menjalani operasi bedah biasanya mengidap hernia. Macedo menilai kemungkinan munculnya hernia baru tetap terbuka, meski ia yakin hal itu tidak akan terjadi.

    Bolsonaro akan menjalani masa pemulihan selama lima hari di rumah sakit, dan diyakini dapat bepergian kembali dengan pesawat satu pekan setelahnya.

    Wakil Presiden Brasil Hamilton Mourao menjadi pelaksana tugas presiden sejak Minggu 8 September, dan akan memegang jabatan itu hingga setidaknya Kamis mendatang.

    Penikaman terhadap Bolsonaro terjadi pada 6 September 2018, di sebuah acara kampanye di negara bagian Minas Gerais. Pelaku penusukan, seorang pria berusia 41 tahun, dinyatakan mengalami gangguan kejiwaan sehingga tidak dapat diproses hukum.

    Saat ini pelaku penusukan bernama Adelio Bispo de Oliveira itu ditahan di unit psikiatrik di sebuah penjara berkeamanan maksimal di Brasil.

    Penulis: Fitri Nur Rizkyani



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id