Pemimpin Oposisi Nikaragua Divonis 200 Tahun Penjara

    Willy Haryono - 19 Februari 2019 07:17 WIB
    Pemimpin Oposisi Nikaragua Divonis 200 Tahun Penjara
    Demonstrator anti-pemerintah mendesak Presiden Daniel Ortega mundur dari jabatannya pada 26 Mei 2018. (Foto: AFP/INTI OCON)
    Managua: Dua tokoh oposisi Nikaragua divonis lebih dari 200 tahun penjara, Senin 18 Februari 2019, atas partisipasi mereka dalam unjuk rasa berujung kekerasan tahun lalu terhadap Presiden Daniel Ortega. Demonstrasi brutal tersebut menewaskan lebih dari 325 orang.

    Medardo Mairena divonis 216 penjara atas tuduhan "terorisme" dan enam pasal lainnya terkait unjuk rasa 2018. Mairena dinilai bertanggung jawab atas tewasnya empat polisi dan seorang warga sipil.
    Sementara terdakwa lainnya, Pedro Mena, divonis 210 tahun penjara atas terorisme dan beberapa pasal lainnya. Pengacara kedua tokoh menyebut vonis semacam itu "belum pernah terjadi sebelumnya" dan "terlalu berlebihan."

    Meski vonisnya lebih dari 200 tahun, Mairena dan Mena hanya akan menjalani masa tahanan 30 tahun sesuai aturan hukum di Nikaragua.

    Mairena adalah salah satu pemimpin Aliansi Keadilan dan Demokrasi, sebuah grup oposisi yang dibentuk pada Mei lalu. Mairena mengklaim grupnya dibentuk untuk mencari solusi dari krisis politik di Nikaragua via dialog dengan pemerintah.

    Unjuk rasa menentang pemerintah Nikaragua dimulai pada April 2018. Pemerintahan Presiden Ortega merespons gerakan tersebut dengan tindakan represif.

    Dialog dua kubu berakhir gagal pada Juni lalu, karena Ortega menolak permintaan oposisi untuk mundur dan menggelar pemilihan umum terbaru.

    Demonstrasi berlanjut hingga Oktober. Selain menewaskan 325 orang, ketegangan juga berujung pada ditangkapnya lebih dari 750 orang.

    Oposisi Nikaragua menuduh Ortega, seorang mantan pemimpin gerilya, menerapkan kepemimpinan diktator bersama istri dan Wakil Presiden Rosario Murillo. Ortega berkuasa sejak tahun 2007.

    Baca: Tewasnya Ratusan Orang di Nikaragua "Tragedi Kemanusiaan"



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id