AS Mulai Tarik Pasukan dari Suriah

Sonya Michaella - 11 Januari 2019 17:00 wib
Pasukan AS yang berada di Suriah. (Foto: AFP)
Pasukan AS yang berada di Suriah. (Foto: AFP)

Washington: Koalisi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) telah memulai menarik pasukannya dari Suriah. Namun, tidak dijelaskan kapan dan berapa pasukan yang mulai keluar dari Suriah.

"Dengan alasan keamanan, kami tidak akan membeberkan jadwal, lokasi dan berapa pasukan kami yang tarik dari Suriah," kata juru bicara koalisi, Kolonel Sean Ryan, dikutip dari AFP, Jumat 11 Januari 2019.

Observatorium HAM untuk Suriah juga menyatakan bahwa koalisi AS mulai berkurang, terutama di lapangan udara Rmeilan di Provinsi Hasakeh.

"Ini adalah penarikan pasukan AS yang pertama sejak pengumuman Presiden Donald Trump, bulan lalu," bunyi pernyataan dari organisasi tersebut.

Pada 19 Desember 2018, Trump memerintahkan semua pasukan AS di Suriah untuk mundur. Total pasukan AS di negara yang dikuasai ISIS tersebut berjumlah 2.000 orang.

Baca: Putin Dukung Keputusan Trump Tarik Pasukan dari Suriah

Namun, Trump berjanji akan terlebih dahulu menghancurkan ISIS di Suriah sebelum nantinya menarik seluruh pasukan dari negara tersebut. Sejumlah pakar militer dan keamanan meragukan klaim tersebut, dan juga mengingatkan Trump untuk tidak terburu-buru menarik pasukan AS dari Suriah.

Berbeda dengan AS, Prancis yang selama ini menjadi sekutunya dalam perang melawan ISIS menegaskan tidak akan menarik pasukannya dari Suriah. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Urusan Eropa Nathalie Loiseau.

“Untuk saat ini kami tetap berada di Suriah. Benar bahwa pihak koalisis membuat perkembangan signifikan di Suriah, tetapi pertempuran masih berlanjut dan kami akan melanjutkannya,” tegas Loiseau.

Prancis menempatkan jet tempurnya di Yordania dan artileri di sepanjang perbatasan Suriah dengan Irak. Pasukan ini bagian dari koalisi pimpinan AS dan juga menempatkan pasukan khusus di darat.



(FJR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.