Pompeo Akan ke Iran Jika Dialog Diperlukan

    Marcheilla Ariesta - 26 Juli 2019 10:46 WIB
    Pompeo Akan ke Iran Jika Dialog Diperlukan
    Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. (Foto: AFP).
    Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan akan pergi ke Iran untuk melakukan dialog. Namun, dia akan melakukannya jika diperlukan.

    "Jika itu panggilannya, saya akan dengan senang hati pergi ke sana. Saya akan menyambut baik kesempatan untuk berbicara langsung dengan orang-orang Iran," kata dia dalam sebuah wawancara, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 26 Juli 2019.

    Ketegangan antara Iran dan AS telah meningkat sejak tahun lalu, ketika Presiden AS Donald Trump menarik Washington dari perjanjian nuklir Iran. Setelah itu, Negeri Paman Sam kembali menerapkan sanksi kepada Teheran.

    Hubungan kedua negara menjadi lebih tegang dalam tiga bulan terakhir, setelah serangan terhadap kapal tanker minyak di Selat Hormuz, di lepas pantai Iran.

    Disamping itu, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan Iran juga melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah pada Rabu, 24 Juli. Rudal balistik itu menempuh jarak sekitar 1.000 kilometer.

    Namun, pejabat tersebut menambahkan, uji coba rudal balistik Iran tak menimbulkan ancaman terhadap pengiriman personel militer AS di kawasan itu.

    Sebelumnya Teheran mengumumkan akan menambah pengayaan uranium untuk memproduksi nuklir. Langkah ini tentu saja mendapat kecaman dari semua pihak, termasuk AS dan sekutunya, serta negara lain yang menandatangani perjanjian nuklir Iran, seperti Inggris dan Prancis.

    Meski demikian Iran mengatakan pengayaan ini bertujuan untuk pembangkit energi nuklir, bukan untuk pertahanan.

    Sementara itu, Trump dan para pemimpin Iran telah secara terbuka mau mengadakan dialog mengenai ketegangan ini. Meski demikian, masing-masing pihak memiliki kondisi berbeda untuk negosiasi langsung.

    Tetapi, pada Rabu kemarin, penasihat militer terkemuka Iran mengatakan Teheran tidak akan bernegosiasi dengan Washington dalam keadaan apa pun. Pernyataan ini dinilai sebagai penguatan posisi Iran di tengah krisis.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id