Banjir dan Longsor di Brasil Tewaskan 30 Orang

    Willy Haryono - 26 Januari 2020 17:11 WIB
    Banjir dan Longsor di Brasil Tewaskan 30 Orang
    Petugas mencari korban selamat di dua rumah yang diterjang tanah longsor di Minas Gerais, Brasil, 25 Januari 2020. (Foto: AFP / DOUGLAS MAGNO)
    Minas Gerais: Sedikitnya 30 orang tewas dalam banjir dan tanah longsor yang dipicu hujan deras selama dua hari berturut-turut di Brasil tenggara, Minggu 26 Januari 2020. Banjir dan longsor juga membuat 17 orang dinyatakan hilang, dan membuat 2.600 lainnya harus mengungsi ke tempat penampungan di negara bagian Minas Gerais.

    Dikutip dari Sky News, hujan deras mengguyur Minas Gerais selama 48 jam. Otoritas setempat memprediksi hujan masih akan terus mengguyur Minas Gerais dan juga beberapa wilayah lain di Brasil, termasuk Rio de Janeiro dan Sao Paulo.

    Sabtu kemarin, jumlah korban tewas berada di angka sebelas orang, dan bertambah menjadi 30 hari ini. Kematian dilaporkan berasal dari Belo Horizonte dan beberapa wilayah lainnya di Minas Gerais.

    Gubernur Minas Gerais Romeu Zema berencana menggunakan helikopter untuk memantau sejumlah area terdampak bencana hari ini. Ia mengaku ingin melihat seberapa luas dampak yang disebabkan banjir dan tanah longsor kali ini.

    Pengumuman kematian akibat banjir dan longsor muncul di hari yang sama saat masyarakat Minas Gerais mengenang insiden bendungan jebol tahun lalu. Tragedi yang terjadi di bendungan Brumadinho itu menewaskan sedikitnya 250 orang.

    April tahun lalu, banjir bandang di Rio de Janeiro menewaskan sembilan orang. Bencana tersebut dipicu hujan deras yang mengguyur kota tersebut selama dua hari berturut-turut.

    Pada November 2018, sepuluh orang -- termasuk satu anak kecil -- tewas dalam tanah longsor yang dipicu banjir bandang di Rio de Janeiro. (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id