Trump Minta Tiongkok Bertanggung Jawab atas Pandemi Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 28 April 2020 20:42 WIB
    Trump Minta Tiongkok Bertanggung Jawab atas Pandemi Covid-19
    Presiden Amerika Serikat Donald Trump. AFP



    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump terus meminta Tiongkok bertanggung jawab atas pandemi virus korona (covid-19) yang melanda dunia. Dia berjanji akan melakukan investigasi untuk menunjukkan bahwa Tiongkok bersalah.

    "Ada banyak cara yang bisa kami lakukan agar mereka bertanggung jawab. Kami saat ini sedang melakukan investigasi seperti yang selama ini Anda ketahui dan kami tidak senang ada di situasi sulit seperti itu," tutur Trump dilansir dari Channel News Asia, Selasa 28 April 2020.






    Trump mengatakan seharusnya Tiongkok bisa mencegah covid-19 menjadi pandemi global.
    Dia yakin Tiongkok seharusnya bisa bertindak lebih responsif dalam mencegah penyebaran virus dari Wuhan sebagai tempat pertama kali virus ditemukan.

    "Kami tidak senang dengan semua situasi ini. Kami percaya virus ini sebenarnya dapat dihentikan dari sumbernya," ungkap Trump.

    Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menuding Tiongkok mengetahui penemuan virus korona pada awal November 2019. Namun Beijing dinilai tak acuh.

    Baca: Pasien Positif Covid-19 di Indonesia 9.511, Sembuh 1.254

    Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, tepatnya di pasar hewan liar pada akhir Desember 2019. Awalnya, Tiongkok menutup rapat informasi mengenai kasus pneumonia dan menahan orang-orang, termasuk petugas medis yang melaporkannya.

    Wabah ini kini telah menginfeksi 3.052.245 orang di seluruh dunia termasuk Indonesia, dan menewaskan 211.350 orang. Namun, hingga kini jumlah pasien yang sembuh dari covid-19 juga bertambah menjadi 896.669.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id