AS akan Cabut Visa Awak Kapal Tanker Iran

    Sonya Michaella - 16 Agustus 2019 12:00 WIB
    AS akan Cabut Visa Awak Kapal Tanker Iran
    Kapan tanker Iran, Grace 1. (Foto: AFP)
    Washington: Amerika Serikat (AS) mengeluarkan ancaman pencabutan visa untuk awak kapal supertanker Iran, Grace 1, yang baru saja dibebaskan Inggris dari Gibraltar. Awak kapal Grace 1 kemungkinan besar tidak akan bisa masuk ke AS. 

    Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Morgan Ortagus mengatakan, Grace 1 membantu Garda Revolusi Iran --yang dianggap AS sebagai organisasi teroris-- untuk mengangkut minyak Iran masuk ke Suriah.

    "Awak kapal Grace 1 membantu Garda Revolusi Iran memasukkan minyak ke Suriah yang di mana melanggar peraturan. Mereka tidak bisa masuk ke AS dengan tujuan alasan apapun karena terkait terorisme," kata Ortagus, dikutip dari AFP, Jumat 16 Agustus 2019.

    Saat ini, awak kapal Grace 1 memang memegang visa AS. Terkait hal ini, AS menegaskan segera mencabut perizinan visa tersebut.

    "Kami akan terus bertindak konsisten dengan kebijakan kami karena mereka memberikan dukungan material kepada Garda Revolusi Iran," ungkapnya.

    Baca: Kapal Tanker Iran Dibebaskan oleh Inggris

    Mahkamah Agung Gibraltar di bawah pemerintahan Inggris akhirnya membebaskan Grace 1 yang dinahkodai kapten asal India. Sang kapten beserta tiga awak kapal telah bebas dari tahanan, kemarin.

    Beberapa jam sebelum pembebasan, dikabarkan AS sempat melobi Inggris agar mengurungkan rencana pembebasan kapal tanker tersebut.

    Grace 1, mengangkut 2,1 juta barel minyak mentah Iran yang diduga melanggar sanksi Uni Eropa saat mengirimkan minyak ke Suriah.
     
    Penahanan Grace 1 membuat Iran juga menahan kapal tanker minyak berbendera Inggris, Stena Impero, yang hingga saat ini masih berada di bawah pengawasan Iran.
     
    Disinyalir, pembebasan Grace 1 juga akan membuat Iran segera membebaskan Stena Impero.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id