Hujan Deras Padamkan Kebakaran Hutan di Bolivia

    Willy Haryono - 07 Oktober 2019 08:22 WIB
    Hujan Deras Padamkan Kebakaran Hutan di Bolivia
    Salah satu area yang terbakar hebat dalam kebakaran hutan di Santa Cruz, Bolivia, 19 September 2019. (Foto: AFP/HO/Ministry of Europe)
    Santa Cruz: Hujan deras di wilayah sabana tropis Chiquitania telah memadamkan sejumlah titik api dalam kebakaran hutan yang menghanguskan jutaan hektare lahan di Bolivia sejak beberapa bulan terakhir.

    "Seantero Chiquitania diguyur hujan. Data satelit kami tidak lagi memperlihatkan adanya kebakaran hutan aktif," kata Menteri Lingkungan Hidup Bolivia Cynthia Asin, dikutip dari laman AFP, Minggu 6 Oktober 2019.

    Meski kebakaran hutan telah hampir padam sepenuhnya, Asin mengatakan petugas pemadam akan menunggu dan memantau selama 24 untuk memastikan tidak ada lagi titik api.

    Bolivia bagian timur merupakan area yang terkena dampak terparah dari kebakaran hutan. Intensitas kebakaran hutan di Bolivia yang terjadi sejak Mei itu sempat meningkat pada akhir Agustus.

    Untuk memadamkan api, Bolivia mengerahkan sejumlah pesawat pemadam, Supertanker Boeing 747 dan juga Ilyushin asal Rusia. Sementara aparat gabungan yang dikerahkan meliputi ribuan petugas pemadam, prajurit dan juga polisi.

    Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup Bolivia, kebakaran hutan telah menghanguskan lebih dari empat hutan hektare lahan di negara tersebut.

    Hutan lindung Tucava seluas 100 hektare di Santa Cruz termasuk dari area yang terbakar hebat.

    Sejumlah pakar lingkungan menilai kebakaran hutan di Bolivia merupakan dampak dari sejumlah kebijakan Presiden Evo Morales, yang mendorong pembakaran lahan untuk mengembangkan produksi pertanian.

    Membela diri, pemerintahan Morales menyebut kebakaran hutan di Bolivia terjadi karena cuaca kering dan tiupan angin kencang.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id