Kartel Narkoba Meksiko Akan Ditetapkan sebagai Grup Teror

    Willy Haryono - 27 November 2019 09:56 WIB
    Kartel Narkoba Meksiko Akan Ditetapkan sebagai Grup Teror
    Presiden AS Donald Trump dalam sebuah acara kampanye di Sunrise, Florida, 26 November 2019. (Foto: AFP/MANDEL NGAN)
    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku berencana menetapkan kartel-kartel narkotika di Meksiko sebagai grup teror. Pernyataan disampaikan Trump dalam sebuah wawancara radio, Selasa 26 November.

    Rencana ini merupakan kelanjutan dari seruan "perang" yang dilontarkan Trump terhadap kartel narkoba Meksiko pada awal November.

    Kala itu Trump mengaku geram atas kematian sembilan perempuan dan anak-anak berkewarganegaraan AS yang diduga tewas terkena imbas perang antar kartel di Meksiko.

    "Apakah Anda akan menetapkan kartel-kartel di Meksiko sebagai grup teror sehingga nanti dapat digempur dengan menggunakan drone?" tanya penyiar radio Bill O'Reilly dalam program 'The O'Reilly Update.'

    "Saya tidak mau mengatakan apa yang akan saya lakukan, tapi mereka (kartel Meksiko) akan segera ditetapkan," jawab Trump, dikutip dari AFP, Rabu 27 November 2019.

    Trump menambahkan, "saya tentu saja akan menetapkan para kartel itu. Saya telah mengupayakan hal tersebut dalam 90 hari terakhir," sambung dia.

    "Penetapan tidak semudah itu. Ada proses yang harus dilewati, dan saat ini kami sedang menjalankannya."

    Otoritas Meksiko merespons cepat pernyataan Trump. Kementerian Luar Negeri Meksiko mengaku telah menghubungi otoritas AS untuk meminta keterangan mengenai apa sebenarnya maksud dari ucapan Trump.

    Meksiko juga akan berencana mengajak AS menggelar pertemuan tingkat tinggi untuk dapat bertukar pandangan mengenai beragam isu, termasuk kartel narkoba, peredaran senjata api dan juga aktivitas penyelundupan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id