AS Minta Iran Berperilaku Normal

    Sonya Michaella - 15 Mei 2019 08:08 WIB
    AS Minta Iran Berperilaku Normal
    Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)
    Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan bahwa negaranya tidak berupaya untuk berperang dengan Iran. Pernyataan disampaikan di tengah ketegangan yang kini meningkat di antara kedua negara.

    "AS sedang mengajak Iran untuk berperilaku seperti 'negara normal'. Namun AS akan menanggapi jika memang kedaulatannya diserang," kata Pompeo, dikutip dari BBC, Kamis 15 Mei 2019.

    Hal senada juga diungkapkan oleh Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, yang memastikan bahwa negaranya tidak akan berperang dengan AS.

    "Tidak akan ada perang. Iran memilih jalan menahan diri. Kami tidak ingin cari perang," ucap Khamenei dalam sebuah pidato di televisi.

    Baca: Iran Yakin AS Tidak Akan Berani Memulai Perang

    Ketegangan antara AS dan Iran meningkat ketika empat kapal tanker milik Uni Emirat Arab diserang. AS percaya bahwa penyerang berasal dari Iran atau kelompok-kelompok yang berhubungan dengan Iran.

    Hingga saat ini, tidak ada bukti bahwa Iran yang melakukan penyerangan. Iran juga telah menyangkal keterlibatan apa pun dan menyerukan penyelidikan.

    Sebelumnya, ketegangan telah terjadi saat  Iran menangguhkan sebagian komitmennya terhadap perjanjian nuklir 2015. Perjanjian bertajuk Joint Comprehensive Plan of Action itu disepakati Iran dan enam negara lainnya empat tahun lalu.

    Awal Mei lalu, AS langsung mengirim armada tipe penyerang lengkap dengan kapal induk ke Timur Tengah sebagai sebuah "pesan" untuk Iran.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id