Trump Kembali Klaim Dirinya Mampu Binasakan Afghanistan

    Willy Haryono - 03 Agustus 2019 10:45 WIB
    Trump Kembali Klaim Dirinya Mampu Binasakan Afghanistan
    Presiden AS Donald Trump saat tiba di Morristown, 2 Agustus 2019. (Foto: AFP/NICHOLAS KAMM)
    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebutkan adanya "kemajuan" dalam dialog damai dengan kelompok militan Taliban pada Jumat 2 Agustus 2019. Namun ia juga kembali mengingatkan bahwa AS bisa membinasakan sebagian besar Afghanistan hanya dalam hitungan hari.

    "Sudah ada banyak perkembangan berarti. Kami berdialog dengan baik," kata Trump kepada awak media di Gedung Putih, Washington, dikutip dari laman AFP.

    Trump mengatakan bahwa pasukan AS, yang sudah disiagakan selama hampir dua dekade di Afghanistan, dapat mengakhiri perang di negara tersebut dalam waktu dua hingga empat hari. "Tapi saya tidak mau membunuh 10 juta orang," ungkapnya.

    Pernyataan serupa mengenai 10 juta warga telah disampaikan Trump bulan lalu. Dalam komentar kali ini, Trump secara spesifik menyebutkan bahwa metode mengakhiri perang di Afghanistan tidak akan melibatkan senjata nuklir.

    "Saya lebih memilih cara konvensional," ungkap Trump.

    Afghanistan sempat kesal atas pernyataan kontroversial Trump mengenai "tidak mau membunuh 10 juta warga." "Pemerintah Republik Islam Afghanistan menyerukan adanya klarifikasi atas pernyataan presiden yang diucapkan dalam pertemuan dengan PM Pakistan, via saluran diplomatik," ucap kantor presiden Ashraf Ghani.

    Sementara itu saat ditanya mengenai laporan media Washington Post mengenai adanya perjanjian yang akan membuat AS memangkas jumlah personel militeer dari 14 ribu menjadi 8 ribu, Trump tidak menjawab secara pasti.

    Dalam perjanjian tersebut, berdasarkan laporan Washington Post, nantinya Taliban akan bersedia melakukan gencatan senjata saat AS sudah memangkas jumlah personel militer.

    Tidak hanya itu, Taliban juga akan bersedia berdialog langsung dengan pemerintah Afghanistan dan berjanji menghalau sepak terjang al-Qaeda -- grup yang bertanggung jawab atas serangan 9/11 di AS pada 2001.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id