Biden Tunjuk Mantan Gubernur Michigan Jadi Menteri Energi

    Marcheilla Ariesta - 17 Desember 2020 01:41 WIB
    Biden Tunjuk Mantan Gubernur Michigan Jadi Menteri Energi
    Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden saat berbicara di Delaware pada Senin, 14 Desember 2020. Foto: AFP



    Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden, mencalonkan Jennifer Granholm sebagai menteri energi di kabinetnya. Granholm ialah mantan gubernur Michigan.

    Jennifer Granholm saat ini menjadi profesor hukum di University of California di Berkeley. Tak hanya itu, ilmuwan material dan insinyur yang memimpin badan penelitian baru di dalam Departemen Energi di bawah pemerintahan Barrack Obama, Arun Majumdar, sedang dipertimbangkan sebagai wakil sekretaris.






    Granholm dan Majumdar merupakan imigran. Granholm dari Kanada, sedangkan Majumdar India. Keduanya datang dengan latar belakang dan keahlian dalam mempromosikan dan mengembangkan teknologi alternatif, meskipun sebagian besar Departemen Energi berkaitan dengan pemeliharaan dan pengamanan senjata nuklir dan menangani upaya pembersihan di situs nuklir yang terkontaminasi.

    Granholm menjabat sebagai jaksa agung Michigan dari 1999 hingga 2003 dan dua periode sebagai gubernur wanita pertama Michigan dari 2003 hingga 2010. Dia menjadi pendukung presiden Biden dan telah menentang upaya Presiden Donald Trump untuk membatalkan hasil pemilu, menuduhnya 'meracuni demokrasi'.

    Baca: Joe Biden: Saatnya Membuka Lembaran Baru

    Menurut Direktur Eksekutif Asosiasi Pengendalian Senjata Daryl Kimball, Departemen Energi sebenarnya adalah Departemen Senjata Nuklir.

    "Departemen Energi sebenarnya adalah Departemen Senjata Nuklir,” kata Daryl Kimball, dilansir dari Washington Post, Rabu, 16 Desember 2020.

    Christine Pelosi, ahli strategi Partai Demokrat di California, dan putri Ketua DPR Nancy Pelosi, mengatakan melalui akun Twitter-nya Granholm ialah pemimpin yang terbukti dalam energi terbarukan.

    "Granholm adalah pemimpin yang terbukti dalam pekerjaan, energi terbarukan, dan masa depan energi bersih yang akan membawa empati dan pengalaman kepada Departemen Energi," cuit Christine Pelosi di Twitter.

    Biden juga menunjuk Pete Buttigieg sebagai menteri transportasi. Gina McCarthy, mantan kepala Badan Perlindungan Lingkungan, dipilih untuk menduduki posisi baru sebagai kepala iklim domestik untuk menjalankan rencana iklim ambisiusnya di seluruh pemerintah federal.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id