DPR AS Akui Genosida Armenia oleh Turki

    Sonya Michaella - 30 Oktober 2019 11:44 WIB
    DPR AS Akui Genosida Armenia oleh Turki
    Warga Armenia yang tinggal di AS menuntut keadilan atas genosida yang dilakukan Turki. (Foto: AFP)
    Washington: Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) mengeluarkan resolusi resmi yang berisi pengakuan terhadap terjadinya genosida oleh kekaisaran Turki di Armenia. Sebanyak 405 suara mendukung resolusi ini. 

    Sejumlah anggota parlemen AS juga menegur Turki atas genosida di Armenia dan menjatuhkan sanksi atas serangan pasukan Ankara terhadap wilayah yang dikuasai Kurdi di Suriah timur laut yang mengakibatkan penarikan pasukan Armenia.

    "DPR AS mengenang dan mengakui salah satu kekejaman terbesar abad ke-20 yaitu pembunuhan sistematis terhadap lebih dari 1,5 juta pria, wanita dan anak-anak Armenia oleh Kekaisaran Ottoman," kata Ketua DPR AS Nancy Pelosi, dikutip dari AFP, Rabu 30 Oktober 2019.

    Armenia mengatakan, pembunuhan massal tersebut terjadi dari 1915 hingga 1917. 

    DPR AS juga menjatuhkan sanksi pada pejabat senior Turki yang terlibat dalam keputusan untuk meluncurkan invasi ke Suriah. Sanksi juga dijatuhkan kepada bank Turki yang memiliki hubungan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan. 

    Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan memuji pengakuan dari DPR AS. Ia menyebut DPR AS berani melangkah menuju kebenaran dan keadilan historis.

    Pada 2017, usai dilantik, Presiden AS Donald Trump sempat mengkritik pembunuhan massal di Armenia merupakan kekejaman terburuk di abad ke-20. 

    Sementara itu, Turki membantah keras tuduhan genosida ini dan mengatakan bahwa baik warga Armenia dan Turki yang tewas karena Perang Dunia I.

    Kementerian Luar Negeri Turki merilis pernyataan yang menolak pengakuan DPR AS dan menyebutkan langkah politik yang buruk. Kemenlu Turki juga mengingatkan bahwa langkah DPR AS dapat memperburuk hubungan Turki dengan AS. 



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id