Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Chile saat Demo Berlangsung

    Willy Haryono - 05 November 2019 06:34 WIB
    Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Chile saat Demo Berlangsung
    Gempa bumi 6,0 terjadi saat unjuk rasa tengah berlangsung di Santiago, Chile, 4 November 2019. (Foto: AFP/MARTIN BERNETTI)
    Santiago: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Chile, Senin 4 November 2019. Gempat menggoyang sejumlah bangunan di ibu kota saat demonstrasi anti-pemerintah sedang berlangsung.

    Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa di Chile terjadi pada pukul 18.53 waktu setempat. Episenter gempa berada dekat kota Illapel.

    Kuatnya guncangan terasa hingga ke Santiago. Pusat Seismologi Nasional Chile mencatat kekuatan gempa mencapai magnitudo 6,1, setelah sebelumnya sempat menyebut berada di angka 6,3.

    Hingga saat ini tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan bangunan dari gempa terbaru di Chile.

    "Layanan publik tidak terganggu, dan juga tidak ada korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur," ujar pernyataan Badan Urusan Darurat Nasional Chile, dikutip dari AFP.

    Badan Kelautan dan Hidrografi Chile mengatakan guncangan 6,0 ini kemungkinan tidak akan memicu gelombang tsunami di Pasifik.

    Saat gempa terjadi, polisi di Santiago sedang membubarkan para pengunjuk rasa yang tengah beraksi dalam gelombang protes anti-pemerintah di pekan ketiga.

    Chile adalah salah satu negara di dunia yang paling rentan diguncang gempa bumi. Gempa bumi berkekuatan 9.5 pernah mengguncang Valvidia pada 1960, dan disebut USGS sebagai yang terkuat dalam skala magnitudo sejauh ini.

    Pada 2010, gempa bumi magnitudo 8,8 yang diikuti gelombang tsunami di Chile telah menewaskan lebih dari 500 orang.

    Tingginya intensitas gempa di Chile diakibatkan lokasinya yang berada di Cincin Api atau Ring of Fire -- zona rentan aktivitas seismik dan vulkanik di Pasifik.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id