80 Orang Didakwa Usai Bobol Uang Warga di AS

    Medcom - 23 Agustus 2019 20:14 WIB
    80 Orang Didakwa Usai Bobol Uang Warga di AS
    Ilustrasi foto oleh AFP.
    Los Angeles: Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) menjatuhkan hukuman terhadap 80 orang yang operasikan sindikat penipuan dan pencucian uang.

    80 orang itu membobol jutaan dolar uang milik warga melalui penipuan internet. Jaksa federal berhasil mengungkap kejahatan ini setelah menahan 17 orang yang terkait dengan operasi ilegal tersebut. Mereka yang tertangkap, tersebar di Los Angeles dan beberapa kota lain di Amerika Serikat.

    “Sebagian besar dari mereka yang didakwa diyakini berada di Nigeria,” kata Kementerian Kehakiman AS, seperti dikutip AFP, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Para tersangka diduga menarget pasangan, orangtua, dan usaha baik kecil ataupun besar. Mereka menggunakan berbagai penipuan untuk membujuk korban serta mengirim uang melalui Internet.

    "Beberapa korban diperkiran kehilangan ratusan ribu dolar karena skema penipuan ini, termasuk orang-orang yang berusia lanjut," imbuh pihak kementerian.

    Surat dakwaan menuduh bahwa setidaknya dana yang berkisar USD6 juta diperoleh secara ilegal. Dana itu dikirimkan melalui situs pencucian uang yang dijalankan oleh dua orang Nigeria bernama Valentine Iro dan Chukwudi Christogunus Igbokwe.

    “Mereka termasuk salah satu pelaku yang tertahan. Percobaan pencurian ini mencapai setidaknya USD40 juta,” sebut surat dakwaan itu.

    "Miliaran dolar hilang setiap tahun, dan kami mendesak warga untuk mewaspadai skema pencurian keuangan ini demi melindungi diri atau bisnis mereka sebelum menjadi korban selanjutnya," pungkas pejabat FBI di Los Angeles, Paul Delacourt.


    Penulis: Rifqi Akbar.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id