Indonesia Perjuangkan Hak Palestina jadi Anggota Penuh PBB

    Sonya Michaella - 23 Januari 2019 10:28 WIB
    Indonesia Perjuangkan Hak Palestina jadi Anggota Penuh PBB
    Menlu RI Retno Marsudi pimpin sidang terbuka DK PBB. (Foto: Dok. Kemlu RI)
    New York: Memimpin Debat Terbuka Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan Palestina memiliki hak untuk menjadi anggota penuh PBB.

    "Walaupun perjalanan menuju kemerdekaan dan keanggotaan PBB bergejolak, hal tersebut tidak akan melemahkan upaya Palestina dan masyarakat internasional untuk memenuhi hak Palestina," kata Menlu Retno, di New York, Rabu 23 Januari 2019.

    Menlu Retno menekankan bahwa isu Palestina harus mendapat perhatian penuh Dewan Keamanan PBB. Keberhasilan menyelesaikan isu Palestina, ujar dia, menentukan kredibilitas dan kepercayaan komunitas internasional terhadap Dewan Keamanan PBB.

    "Saya sengaja hadir pada pertemuan Dewan Keamanan PBB ini, untuk menegaskan dukungan penuh Indonesia atas perjuangan Palestina," tegas Menlu Retno.

    Selain isu Palestina, Debat Terbuka DK PBB juga membahas konflik di Suriah dan Yaman. Menyoroti kedua konflik tersebut, Menlu Retno kembali mendorong penyelesaian konflik melalui solusi politik damai dan inklusif.

    Peningkatan peran PBB dalam memfasilitasi upaya rekonsiliasi nasional di kedua negara juga dianggap sangat penting.

    Dalam pertemuan DK PBB yang pertama kali dihadiri oleh Menlu Retno sejak Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK pada tanggal 1 Januari 2019 ini, Menlu Retno mengakhiri pernyataannya dengan mendorong semua pihak untuk menahan diri dari tindakan kekerasan dan terus bekerja untuk memajukan proses perdamaian dan menghidupkan kembali semangat multilateralisme.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id