Trump Minta Rusia-Suriah Setop Hancurkan Idlib

    Marcheilla Ariesta - 03 Juni 2019 08:30 WIB
    Trump Minta Rusia-Suriah Setop Hancurkan Idlib
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP).
    Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan agar Suriah dan Rusia berhenti mengebom Idlib. Kota Idlib merupakan wilayah terakhir bersarangnya para militan Islamic State (ISIS) di Suriah.

    "Mendengar kabar bahwa Rusia, Suriah dan Iran mengebom 'neraka' dari Provinsi Idlib di Suriah tanpa pandang bulu. Banyak warga sipil tak berdosa dibunuh," kata Trump dalam akun Twitter-nya, dilansir dari AFP, Senin, 3 Juni 2019.
    "Dunia menyaksikan penjagalan ini. Apa tujuannya? Apa yang akan Anda dapatkan? Berhenti!" tegas Trump.

    Komentarnya muncul usai lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Suriah mengecam tak adanya tindakan internasional atas kekerasan yang meningkat di wilayah barat laut negara tersebut.

    Pasalnya, selain menewaskan puluhan warga sipil, pengeboman baru-baru ini oleh pasukan Suriah dan Rusia juga mendorong 300 ribu orang ke perbatasan Turki. 

    Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa hampir 950 orang tewas dalam bentrokan terbaru di Idlib. Para militan menolak meninggalkan daerah itu.

    Akibatnya, kesepakatan pada September lalu antara pemerintah dengan kelompok Hayat Tahrir al-Sham berada di ambang kehancuran. Padahal kesepakatan itu harusnya mencegah ofensif pemerintah di provinsi dan daerah-daerah yang berdekatan dan dimiliki kelompok militan tersebut.

    Sementara itu, militan Iran dan pasukan paramiliter Hizbullah juga ditempatkan di Suriah untuk mendukung pemerintah Bashar al-Assad, Presiden Suriah.

    Kekerasan semakin memburuk di Idlib datang paska ketegangan melonjak antara Iran dan Amerika Serikat. Kebuntuan ini disebabkan Washington menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 yang dibuat dengan beberapa negara lainnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id