500 WNI dan Diaspora Meriahkan HUT ke-74 RI di Washington DC

    Marcheilla Ariesta - 19 Agustus 2019 11:53 WIB
    500 WNI dan Diaspora Meriahkan HUT ke-74 RI di Washington DC
    Upacara Bendera HUT ke-74 RI di Washington DC. (Foto: Dok. KBRI Washington).
    Washington: Lebih dari 500 warga negara Indonesia (WNI) dan diaspora Indonesia memadati Wisma Indonesia di Washington. Mereka turut memeriahkan HUT ke-74 RI di ibu kota Amerika Serikat (AS).

    Meski berlangsung di bawah terik matahari musim panas AS, upacara tetap berlangsung khidmat.

    Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Duta Besar Republik Indonesia untuk AS, Mahendra Siregar. Sementara Komandan Upacara merupakan perwira TNI Angkatan Laut yang tengah menempuh pendidikan militer di Marine Corps University, Command and Staff College, Mayor Marinir Arif Bastian Sanusi.

    Sementara Komandan Paskibra adalah Kapten Marinir Suyono Lumbantoruan, seorang Perwira TNI Angkatan Laut yang tengah melanjutkan studi di Marine Corps University di Quantico, Virginia. 

    "Membanggakan. Meski pun dalam cuaca yang sangat panas, semua tetap bersemangat mengikuti upacara hingga selesai," kata Dubes Mahendra, dikutip dari pernyataan tertulis KBRI Washington DC, yang diterima Medcom.id, Senin, 19 Agustus 2019.

    "Ini menunjukkan rasa cinta masyarakat dan diaspora Indonesia kepada Tanah Air, yang tidak luntur dan bahkan semakin kuat walau berada jauh di negeri orang," imbuh Dubes Mahendra.

    Tahun ini, pasukan pengibar bendera dan paduan suara Aubade tak hanya diikuti oleh mahasiswa dan pelajar asal Indonesia yang berada di AS. Namun, anak-anak para diaspora Indonesia yang lahir dan besar di Negeri Paman Sam juga turut berpartisipasi.

    "Merupakan hal istimewa dapat melihat Aubade Anak-anak, Paskibra, maupun para petugas upacara menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Saya sangat mengapresiasi semangat dan kerja keras mereka berlatih selama kurang lebih dua bulan belakangan ini. Semoga ini terus memupuk semangat cinta Tanah Air mereka," seru Dubes Mahendra.

    "Tidak semua orang bisa dapat kesempatan ini. Saya sangat bangga! Sejak saya kecil, saya tidak pernah absen untuk selalu ikut kegiatan 17-an," ucap anak diaspora Indonesia, Dimas, dengan penuh semangat.

    Suasana upacara semakin semarak dengan hadirnya Aubade Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Washington yang melantunkan medley lagu-lagu perjuangan maupun daerah.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id