Warga Hawaii Protes Pembangunan Teleskop Raksasa TMT

    Arpan Rahman - 16 Juli 2019 13:58 WIB
    Warga Hawaii Protes Pembangunan Teleskop Raksasa TMT
    Ilustrasi teleskop raksasa Thirty Meter Telescope atau TMT. (Foto: tmt.org)
    Honolulu: Ratusan warga Hawaii, Amerika Serikat, berunjuk rasa menentang pembangunan teleskop raksasa di sebuah puncak gunung yang dianggap suci oleh masyarakat setempat.

    Sebagian demonstran mengikat diri mereka dengan tali, dan beberapa lainnya bernyanyi serta meneriakkan kecaman terhadap rencana pembangunan. Sekelompok pedemo lainnya memblokade jalan menuju gunung Mauna Kea, yang dijadwalkan sebagai tempat berdirinya teleskop bernama Thirty Meter Telescope (TMT).

    "Kami tidak punya pilihan lain," kata seorang aktivis Kaleikoa Kaeo kepada media Star-Advertiser. 

    "Pemerintah Hawaii memperlakukan masyarakatnya seperti ini, seolah-olah kami ini tidak pernah ada. Mereka harus membayar atas tindakan rasisme ini," lanjut dia, disiarkan dari USA Today, Senin 15 Juli 2019. 

    Dua pemimpin aksi protes berbicara kepada massa usai sempat bernegosiasi dengan polisi. Keduanya mengatakan siapapun yang menghalangi upaya pembangunan teleskop akan ditangkap.

    Sebagian besar demonstran mematuhi imbauan untuk bergerak menjauh dari akses jalan menuju Mauna Kea. Namun sekelompok kupuna, istilah bagi para tetua di Hawaii, masih bertahan di lokasi.

    "Kupuna akan tetap bertahan. Mereka tidak mau pindah. Mereka akan bertahan demi Mauna. Kami tidak bisa berbuat apa-apa," ujar pemimpin aksi protes Andre Perez.

    Perez kembali mengingatkan massa bahwa banyak petugas di sekitar situs pembangunan adalah warga lokal. Para aparat keamanan itu disebut Perez hanya menjalankan tugas yang diperintahkan atasan mereka.

    Thirty Meter Telescope diyakini mampu membantu dunia sains dalam mengungkap misteri Big Bang dan juga mengenai seluk-beluk alam semesta.

    Menurut University of Hawaii, warga setempat menganggap jalanan menuju puncak gunung Mauna Kea sebagai lokasi suci. Warga menganggap hanya beberapa orang saja yang dapat naik ke gunung tersebut.

    Komunitas ilmuwan memilih Mauna Kea sebagai lokasi pembangunan Thirty Meter Telescope pada 2009. Pembangunan sempat terhenti pada April 2015, yang berujung pada penangkapan sejumlah pengunjuk rasa di lokasi. Pembangunan dilanjutkan beberapa bulan setelahnya, namun kembali dihentikan karena ada gerakan protes.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id