Bernie Sanders Berjaya di Kaukus Nevada

    Willy Haryono - 23 Februari 2020 09:29 WIB
    Bernie Sanders Berjaya di Kaukus Nevada
    Bernie Sanders berkampanye di El Paso, Texas, 22 Februari 2020. (Foto: Cengiz Yar/AFP)
    Nevada: Senator Bernie Sanders berhasil keluar sebagai juara dalam kaukus Partai Demokrat di Nevada, Amerika Serikat, Sabtu 22 Februari. Kemenangan Sanders di Nevada memperkuat dirinya sebagai kandidat terdepan calon presiden dari Demokrat.

    Tiga kandidat lainnya mengekor di belakang Sanders: Joe Biden, Pete Buttigieg dan Elizabeth Warren. Ketiganya tertinggal jauh dari posisi pertama, meski Sanders sempat kalah dalam kaukus perdana Demokrat di Iowa.

    Berusia 78 tahun, Sanders yang berasal dari Vermont berhasil menggerakkan basis pendukungnya. Ia juga berhasil mendapat dukungan dari komunitas Latin yang berjumlah cukup besar di Nevada.

    Percaya diri, Sanders meninggalkan Nevada tanpa terlebih dahulu melihat hasil kaukus. Ia kini berada di Texas untuk menggalang lebih banyak dukungan.

    Berbicara di El Paso, Sanders mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump adalah "seorang pembohong yang menjalankan pemerintahan korup."

    "Saat kita bersama, tidak ada yang tidak bisa kita lakukan," tegas Sanders, dilansir dari TRT World, Minggu 23 Februari 2020. Sebelum Nevada, Sanders telah berjaya dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire. 

    Sanders diyakini akan fokus berkampanye di Texas, karena jumlah delegasi yang bisa didapatnya cukup signifikan bila dibanding dengan negara bagian lain.

    Untuk menjadi seorang capres dari Demokrat, seorang kandidat harus mendapat dukungan minimal 1.991 delegasi dari negara-negara bagian di AS.

    Sementara untuk Partai Republik, petahana Trump diyakini masih tetap menjadi kandidat terdepan untuk kembali mencalonkan diri dalam pilpres AS 2020, yang dijadwalkan berlangsung pada 3 November mendatang.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id