AS Serang Gudang Senjata Suriah untuk Kecam Assad

Marcheilla Ariesta - 17 April 2018 13:33 wib
Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan (Foto: Marcheilla
Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Amerika Serikat (AS) bersama Inggris dan Prancis menyerang pangkalan militer sekaligus gudang senjata milik Suriah akhir pekan lalu.
 
(Baca: Dubes AS: Foto Serangan Kimia di Suriah Asli).
 

Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan mengatakan serangan tersebut untuk memberitahu Pemerintah Suriah bahwa mereka salah telah menggunakan senjata kimia untuk menyerang warga.
 
"Pola agresi terhadap rakyat Suriah sendiri dengan menggunakan senjata kimia merupakan hal tidak benar. Jadi target yang kami pilih terletak pada jantung senjata program kimia ilegal yang dilakukan rezim Suriah," kata Donovan saat ditemui di kediamannya, Jakarta Pusat, Selasa 17 April 2018.
 
Menurut dia, serangan tersebut direncanakan secara hati-hati untuk menekan korban jiwa sipil. Dan hal tersebut, kata Donovan, penting serta memiliki justifikasi.
 
Donovan mengatakan, AS dan sekutu menggunakan perangkat-perangkat diplomasi yang mereka miliki untuk menyingkirkan senjata kimia yang dimiliki Presiden Bashar Al Assad.
 
(Baca: Prancis Punya Bukti Suriah Gunakan Senjata Kimia).
 
Pemerintah Suriah yang bersekutu dengan Rusia menolak mengundang inspektur lembaga pengawas senjata kimia dunia (Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons /OPCW) untuk menyelidiki serangan ssnjata kimia. Hal ini menjadi dasar AS dan sekutu menyerang gudang senjata Suriah di Damaskus.
 
Penyerangan terjadi akhir pekan lalu. Tiga fasilitas militer yang merupakan tempat penyimpanan senjata kimia Suriah diserang menggunakan rudal milik AS dan sekutunya.


(FJR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.