Kebakaran Hutan Hanguskan 3.000 Hektare Lahan di California

    Willy Haryono - 13 Oktober 2019 12:23 WIB
    Kebakaran Hutan Hanguskan 3.000 Hektare Lahan di California
    Petugas pemadam berjalan di samping kobaran api yang menyala di Newhall, California, AS, 11 Oktober 2019. (Foto: AFP/JOSH EDELSON)
    California: Petugas pemadam terus berusaha mengendalikan kebakaran hutan di California bagian selatan yang telah menghanguskan lebih dari 3.000 hektare lahan pada Sabtu 12 Oktober 2019.

    Upaya pemadaman dilakukan usai sekitar 100 ribu orang di lokasi tersebut dipaksa untuk mengungsi dari rumah mereka masing-masing.

    Badan Cuaca Nasional AS (NWS) menyebut area yang terbakar di Calfornia selatan masuk kategori merah, atau titik dengan kelembapan rendah disertai tiupan angin kencang.

    Api yang diberi nama Saddleridge Fire telah menghanguskan area San Fernando Valley. Kebakaran di lokasi itu disebut-sebut sebagai yang terbesar di seantero California selatan.

    Dinas pemadam kebakaran setempat mengonfirmasi api di California selatan telah menghanguskan 3.056 hektare lahan.Sejauh ini, kebakaran di area tersebut baru dapat 19 persen dikendalikan.

    Sejumlah warga yang sempat mengungsi diizinkan pulang seiring menurunnya temperatur udara. "Tapi kami bersiap jika api sewaktu-waktu menyala kembali," ujar Kapten Dinas Pemadam Kebakaran Los Angeles Branden Silverman kepada media lokal, dikutip dari AFP.

    Pihaknya melaporkan adanya satu pria berusia 50-an tahun yang meninggal akibat serangan jantung saat berusaha menyelamatkan rumahnya dari api.

    Sebagian area Los Angeles County diselimuti asap dari kebakaran hutan, yang otomatis membuat kualitas udara menurun drastis. Di kota Sylmar, api menyala sejak Kamis 10 Oktober, dan terus berkobar di tengah kondisi kelembapan rendah dan angin kencang.

    Sekitar 1.000 petugas, dengan didukung helikopter dan pesawat penyiram air, telah berjuang memadamkan kebakaran hutan di sejumlah titik di California selatan. Kebakaran sempat membuat sejumlah jalur utama jalan raya di California ditutup total.

    Layanan kereta dan juga sejumlah sekolah dan pertokoan di area tersebut memilih menghentikan aktivitas.

    Kebakaran juga melanda Riverside County di timur Los Angeles, termasuk yang menghanguskan sebuah taman. Kebakaran tersebut menghancurkan 76 rumah, dan menewaskan seorang wanita lanjut usia yang tidak dapat melarikan diri dari kobaran api.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id