Survei: Tiga Kandidat Capres Demokrat Ungguli Trump

    Willy Haryono - 15 Juli 2019 06:35 WIB
    Survei: Tiga Kandidat Capres Demokrat Ungguli Trump
    Mantan Wapres AS Joe Biden. (Foto: AFP)
    Washington: Tiga kandidat teratas calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat mengungguli petahana Donald Trump dalam sebuah survei terbaru NBC News/Wall Street Journal, Minggu 14 Juli 2019.

    Dikutip dari laman New York Post, Mantan Presiden Joe Biden berada di urutan teratas dari tiga kandidat, dengan raihan 51 persen melawan Trump yang hanya mendapat 42 persen. Biden unggul di kalangan pemilih independen, kulit putih dan kaum pinggiran.

    Senator Bernie Sanders, sosok yang mengklaim sebagai seorang sosialis, mengalahkan Trump dengan selisih tujuh poin -- 50 persen melawan 43 persen.

    Sementara Senator Elizabeth Warren unggul lima poin lewat raihan 48 persen suara. Kamala Harris, seorang senator dari Demokrat, juga menang melawan Trump meski hanya satu poin, yakni di angka 45 persen. 

    Biden, Warren, Sanders dan Harris adalah empat tokoh dengan elektabilitas dua digit dari banyaknya kandidat capres Demokrat. Dalam survei NBC, Biden meraih 26 persen dukungan dari Demokrat, diikuti warren di 19 persen dan Sanders serta Harris 13 persen.

    Kandidat selain empat tokoh itu adalah Wali Kota South Bend, Pete Buttigleg dengan 7 persen dukungan. Pebisnis Andrew Yang dan Beto O’Rourke masing-masing mendapat dua persen dukungan.

    Setiap kandidat capres Demokrat harus mendapat sedikitnya dua persen dukungan untuk bisa ikut serta dalam acara debat internal pada September dan Oktober mendatang. Sejauh ini, baru 10 dari 25 kandidat Demokrat yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam debat.

    Survei terbaru NBC News/Wall Street Journal dilakukan antara tanggal 7 dan 9 Juli, dengan mengambil sampel 800 pemilih terdaftar. Margin of Error survei ini adalah 3,5 persen.

    Baca: Miliarder Demokrat Maju ke Pilpres AS 2020



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id