Trump Isyaratkan Buka Dialog Dengan Iran

    Marcheilla Ariesta - 07 Juni 2019 14:24 WIB
    Trump Isyaratkan Buka Dialog Dengan Iran
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP).
    Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengisyaratkan akan terbuka dengan Iran. Dia mengungkapkan jika Iran mau memulai pembicaraan dengan AS, dia siap.

    "Saya paham jika mereka mau berdialog, dan jika mereka memang mau berbicara, kami siap," kata Trump, dilansir dari AFP, Jumat, 7 Juni 2019.

    Meski demikian, Trump memiliki syarat untuk dialog tersebut. Iran boleh berdialog dengan AS asal menanggalkan nuklir mereka.

    Ketegangan Iran dan AS semakin meningkat akhir-akhir ini, terutama usai Presiden Iran Hassan Rouhani mengancam akan melanjutkan pengadaan uranium.

    Rouhani mengancam akan melanjutkan pengayaan uranium jika negara Eropa yang tergabung dalam perjanjian nuklir 2015 atau JCPOA itu tidak membela Teheran dari sanksi AS.

    Perjanjian yang ditandatangani di era Barack Obama tersebut menyepakati negara Barat akan mencabut sanksi ekonomi terhadap Teheran. Sebagi gantinya, Iran menyetop pengembangan senjata rudal dan nuklir.

    Namun, pada Mei 2018 lalu, di bawah pemerintahan Trump AS menarik diri secara sepihak dari perjanjian nuklir tersebut. Tak hanya itu, mereka kembali menerapkan sanksi atas Iran.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id