Tokoh Oposisi Venezuela Hadiri Pidato Kenegaraan Trump

    Willy Haryono - 05 Februari 2020 10:05 WIB
    Tokoh Oposisi Venezuela Hadiri Pidato Kenegaraan Trump
    Tokoh oposisi Venezuela Juan Guaido (kanan) berbicara dengan penasihat Gedung Putih Jared Kushner di US Capitol, Washington DC, AS, 4 Februari 2020. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
    Washington: Juan Guaido, tokoh oposisi Venezuela yang selama setahun penuh berusaha menggulingkan petahana Nicolas Maduro, hadir dalam pidato kenegaraan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Washington, Selasa 4 Februari. Selama ini, AS mendukung penuh deklarasi Guaido yang menyatakan dirinya sebagai presiden pengganti Maduro.

    Guaido terlihat berdiri di jajaran tamu undangan di gedung US Capitol. Gedung Putih mengonfirmasi kehadiran Guaido, dan menyebutnya sebagai presiden interim Venezuela.

    Menyambut kedatangan Guaido, Trump berjanji bahwa "tirani" Maduro akan segera "dihancurkan."

    "Maduro adalah pemimpin tidak sah, seorang tiran yang menyakiti rakyatnya secara brutal. Namun cengkeraman tirani Maduro akan dihancurkan," ujar Trump saat menyapa Guaido, dilansir dari laman AFP, Rabu 5 Februari 2020.

    Pidato kenegaraan Trump disampaikan satu hari menjelang keputusan persidangan pemakzulan Trump di level Senat AS.
     
    Selama ini, Trump menyebut proses pemakzulan terhadap dirinya sebagai sebuah "perburuan penyihir" yang dilakukan hanya untuk mencari-cari kesalahan. Juru bicara Gedung Putih Hogan Gidley mengatakan, tidak ada kata "pemakzulan" dalam naskah pidato Trump.

    "Tiga tahun lalu, kita telah meluncurkan kebangkitan kembali Amerika. Malam ini, Saya berdiri di hadapan Anda semua untuk membagikan sejumlah hasil yang luar biasa," ucap Trump.

    Trump mengatakan kebijakan deregulasi dan pemangkasan pajak yang telah diterapkannya merupakan faktor kesuksesan pertumbuhan ekonomi AS. Sejumlah kritikus menilai dua kebijakan tersebut justru telah merusak lingkungan dan hanya menguntungkan masyarakat kaya ketimbang miskin.
     
    Selain soal pemangkasan pajak, Trump menyebut pakta perdagangan USMCA, perjanjian dagang dengan Tiongkok, penghentian imigran ilegal dan upaya menghentikan perang AS di Timur Tengah sebagai contoh dari komitmennya terhadap janji-janji politik terdahulu.
     
    "Berbeda dari beberapa presiden sebelumnya, Saya telah memenuhi janji-janji saya," ungkap Trump.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id