20 Jasad Korban Insiden Kapal California Dievakuasi

    Willy Haryono - 04 September 2019 11:42 WIB
    20 Jasad Korban Insiden Kapal California Dievakuasi
    Warga berdatangan ke pelabuhan Santa Barbara untuk mengenang korban tewas insiden kapal selam Conception, 3 September 2019. (Foto: AFP/Getty/MARIO TAMA)
    California: Sebanyak 20 jasad korban insiden kapal terbakar dan tenggelam di perairan California telah dievakuasi. Petugas penyelamat juga melihat masih ada empat hingga enam jasad lainnya di puing kapal.

    Sebelas jenazah perempuan dan sembilan pria itu telah dibawa ke unit koroner, usai kapal selam tipe scuba yang mereka naiki -- Conception -- terbakar dan tenggelam pada Senin 2 September.

    "Hari ini kami akan memulai proses pemetaan DNA 20 korban yang sudah kami evakuasi sejauh ini. Pemetaan DNA ini nantinya akan dibandingkan dengan sampel dari pihak keluarga," kata Sheriff Barbara County, Bill Brown, dalam sebuah konferensi pers, disitat dari AFP, Rabu 4 September 2019.

    Conception sedang melakukan ekspedisi penyelaman di sekitar Pulau Santa Cruz, yang terletak di bagian barat dari Santa Barbara, California selatan. Di tengah ekspedisi, kapal terbakar hebat dan tenggelam.

    Lima kru kapal terbangun saat merasakan adanya kobaran api, dan mereka menyelamatkan diri dengan melompat ke laut. Mereka semua berhasil diselamatkan sebuah kapal yang melintas dekat lokasi.

    Total 39 orang berada di atas Conception, dan sejauh ini 14 orang masih dinyatakan hilang atau sudah dianggap meninggal.

    Brown menduga anak tangga dan lubang keluar menuju dek bawah Conception, tempat para penumpang tertidur, terhalang api saat kejadian. Hal tersebut membuat mereka semua tidak dapat melarikan diri.

    Otoritas California telah mencoba menstabilkan posisi kapal yang berada di dasar laut, dengan harapan tim penyelam dapat lebih mudah masuk dan mengevakuasi jasad tersisa.

    Sementara itu sejumlah orang berkumpul di pelabuhan Santa Barbara dan membuat memorial seadanya untuk mengenang para korban. Banyak dari mereka datang dan meletakkan bunga di dekat memorial.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id