Warga AS di Kapal Pesiar Westerdam Positif Terjangkit Korona

    Marcheilla Ariesta - 17 Februari 2020 16:18 WIB
    Warga AS di Kapal Pesiar Westerdam Positif Terjangkit Korona
    Penumpang kapal pesiar Westerdam, yang berlabuh di Shihanoukville, Kamboja. Foto: AFP
    Sihanoukville: Seorang turis warga negara Amerika Serikat (AS) positif terjangkit virus korona. Perempuan ini merupakan penumpang kapal pesiar Westerdam yang berlabuh di Kamboja.

    Perusahaan kapal pesiar Westerdam, Holland America Line mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah dan pakar kesehatan untuk melacak penumpang yang turun dari kapal pesiar itu.

    "Para tamu yang telah kembali ke rumah akan dihubungi oleh departemen kesehatan setempat dan diberikan informasi lebih lanjut," kata pihak perusahaan dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Channel News Asia, Senin 17 Februari 2020.

    Pada Sabtu lalu, pihak Malaysia mengatakan seorang perempuan Amerika yang tiba di Kuala Lumpur dengan penerbangan charter (sewaan) terbukti positif virus korona. Suami perempuan itu juga dites, namun hasilnya negatif.

    Sekitar 137 dari 145 penumpang dalam penerbangan carteran itu kini telah berangkat ke negara lain setelah tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

    "Kedutaan besar telah diberitahu mengenai hasil tes dan para penumpang akan diizinkan untuk naik penerbangan mereka dan melanjutkan perjalanan ke tujuan masing-masing," tutur Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham.

    Sebanyak 362 warga negara Indonesia (WNI) bekerja di kapal pesiar MS Westerdam. Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, mereka dalam keadaan sehat.

    Faizasyah mengatakan 60 WNI di kapal tersebut akan kembali ke Indonesia. Pasalnya, mereka sudah menyelesaikan kontrak kerjanya. Sementara sisa WNI lainnya masih berada di kapal Westerdam.
     
    Sementara itu, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu, Judha Nugraha, menuturkan bahwa 27 WNI di Westerdam telah tiba di Indonesia. Mereka dilaporkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu, 15 Februari lalu.
     
    "Mereka sehat," pungkasnya.
     
    Kapal Westerdam akhirnya diperbolehkan melabuh di Pelabuhan Shihanoukville, Kamboja. Kapal ini ditolak lima pelabuhan di Jepang, Guam, Filipina, Taiwan, dan Thailand karena khawatir ada penumpang yang positif virus korona COVID-19. (Flory Ambarita)


     
     



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id