Maudy Ayunda Tanyakan Kunci Kesetaraan Gender dalam Keluarga ke Retno Marsudi

    Sunnaholomi Halakrispen - 21 April 2021 14:27 WIB
    Maudy Ayunda Tanyakan Kunci Kesetaraan Gender dalam Keluarga ke Retno Marsudi
    Maudy Ayunda (Foto: instagram)



    Jakarta: Peringatan Hari Kartini erat kaitannya dengan isu kesetaraan gender. Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, kesetaraan gender dalam keluarga bisa terbangun dengan adanya teamwork.

    Menteri Retno sendiri merupakan menteri luar negeri perempuan pertama di Indonesia. Tak hanya sukses meniti karier, ia juga berhasil sebagai seorang istri dan ibu bagi kedua anaknya.

     



    Dalam keluarganya, kesetaraan gender selalu diterapkan. Salah satunya, tentang perempuan yang tidak dikekang harus berada di dalam rumah. Perempuan bebas menggapai impian di luar rumah dengan tetap tidak meninggalkan keluarganya.

    "Aku diuntungkan datang dari keluarga besar yang sangat demokratis dan kesetaraan itu sudah ada. Aku melihat keluarga besarku hampir semua perempuannya memutuskan keluar rumah," ujar Retno dalam Instagram live bersama aktris Maudy Ayunda.

    Di sisi lain, di keluarganya sendiri, Retno merupakan perempuan satu-satunya karena dua anaknya adalah laki-laki. Sebelum berkeluarga, ia berpacaran selama tujuh tahun, sehingga sudah saling mengenal dan hapal semua hal tentang satu sama lain. Keinginan Retno dalam berkarier di Kementerian Luar Negeri pun didukung penuh oleh sang suami, Agus Marsudi.

    "Di situ lah kita membuat komitmen bahwa yang namanya keluarga itu adalah teamwork. Jadi di keluargaku itu enggak ada pembagian 'lo ngapain, gue ngapain'. Jadi siapa pun yang sedang bisa melakukan, yuk kita lakukan," tuturnya.

    Tentunya ada hal-hal tertentu yang tidak bisa dilakukan suaminya, seperti mengandung, melahirkan, dan menyusui. Namun di luar hal yang tidak mampu dilakukan suaminya, tidak ada diskriminasi. Mereka menerapkan kerja sama atau teamwork dalam menjalankan tugas rumah tangga.

    "Karena enggak ada istilah yang ini tabu dilakukan oleh laki-laki, yang ini tabu dilakukan oleh perempuan. Rasa itu tidak ada sampai anakku menikah dan menantu-menantuku juga begitu. Kita merasa bahwa perempuan dan laki-laki sama," paparnya.

    Maudy Ayunda Tanyakan Kunci Kesetaraan Gender dalam Keluarga ke Retno Marsudi

    Retno mencontohkan bahwa salah satu anaknya, Bagas Marsudi, adalah dokter yang sedang mengambil spesialis jantung, sekaligus berpendidikan master untuk jantung jebolan Britania Raya (UK). Meskipun berprofesi sebagai dokter, Bagas selalu siap ketika diminta memasak. Bahkan, kualitas memasaknya tidak perlu diragukan, layaknya chef.

    "Kalau kita kumpul weekend lalu kita mau makan ala apa, dia ke dapur untuk masak dan sous chef-nya itu istrinya. Jadi enggak ada pandangan di keluargaku kalau belanja itu harus perempuan. Suami dan anak-anakku kalau istrinya lagi sibuk, ya pergi dong ke warung atau supermarket untuk belanja. Kita enggak akan jatuh harga karena belanja, kalau menurut aku ya," jelas Menteri Retno.

    "Aku setuju banget sih bu. Apalagi sekarang semakin banyak perempuan yang juga berkontribusi dari sisi finansial juga kan. Jadi masuk akal bahwa itu teamwork dan pembagiannya sebenarnya bisa didesain sendiri oleh pasangan tersebut," tutup Maudy.

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id