Barasuara Sedih Lihat Kondisi Pegunungan Ijen Setelah Terbakar

    Elang Riki Yanuar - 18 Desember 2019 16:17 WIB
    Barasuara Sedih Lihat Kondisi Pegunungan Ijen Setelah Terbakar
    Barasuara melakukan penanaman pohon di Pegunungan Ijen (Foto: Medcom/Elang)
    Banyuwangi: Grup musik Barasuara berkesempatan melihat langsung kondisi Pegunungan Ijen yang belum lama ini terbakar. Perasaan sedih dirasakan personel Barasuara, khususnya sang vokalis, Puti Chitara yang pernah menginjakkan kaki di sana.

    Kebakaran yang melanda di kawasan Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur  terjadi pada Oktober 2019 menghanguskan sekitar 940 hektare di kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Gunung Ranti, dan Gunung Merapi Ungup - Ungup. Kebakaran itu sempat membuat Taman Wisata Kawah Ijen ditutup pada 20 Oktober hingga 6 November 2019.

    "Sedih, soalnya kalau aku pribadi pernah naik ke atas. Melihat ini agak mengejutkan daripada enam tahun lalu. Berharap dengan kegiatan ini bisa memulai dan membantu memulihkan alam," kata Puti Chitara di Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

    Karena itu, Barasuara langsung setuju ketika diminta melakukan penanaman pohon di kawasan Ijen bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Jawa Timur. Aksi ini merupakan bagian dari Siap Sadar Lingkungan (#SiapDarling).

    "Ini pengalaman yang beda, enggak hanya manggung tapi konservasi di tempat yang belum pernah Barasuara sambangi kecuali bermusik. Ini sebuah kegiatan yang positif dan menyelamatkan lingkungan. Kita mengganti pohon yang terbakar," ujar Iga Massardi sang vokalis.

    Selepas melakukan penanaman pohon, Barasuara tampil menghibur para mahasiswa lain yang ikut aksi konservasi. Mereka membawakan lagu-lagu yang ada di dua album seperti Hagia, Sendu Melagu, Pikiran dan Perjalanan, Bahas Bahasa hingga Guna Manusia.

    "Banyak pendengar yang melihat kami di media sosial kami melakukan kegiatan yang positif sehingga menjadi contoh yang baik. Mungkin mulai dari sekarang lebih baik," ucap Puti.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id