Mus Mujiono Kenang Djaduk Ferianto Sosok Tekun dan Ulet

    Cecylia Rura - 13 November 2019 17:42 WIB
    Mus Mujiono Kenang Djaduk Ferianto Sosok Tekun dan Ulet
    Mus Mujiono (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Musisi jazz Mus Mujiono yang akrab disapa Mas Nono mengenang sosok Djaduk Ferianto sebagai sosok tauladan dalam menekuni musik jazz. Mas Nono salah satu orang yang terpukul atas kepergian Djaduk.

    "Dia seorang seniman yang tulen. Dia bisa mencakup menaungi beberapa musisi jazz di tanah air sehingga menjadi satu, menjaga eksistensi musik jazz, dia termasuk salah satu pejuangnya," kata Mus Mujiono di Jakarta, Rabu, 13 November 2019.

    Kabar kepergian Djaduk Ferianto cukup mengagetkan Mus. Sebab, akhir pekan nanti Mus Mujiono untuk kali pertama mengisi dalam acara yang dibesut Djaduk Ferianto.

    Mas Nono, sapaan Mus Musjiono, juga mengenang Djaduk Ferianto sebagai sosok yang mewarisi bakat ayahnya, Bagong Kussudiardjo, legenda seni tari di Yogyakarta.

    "Djaduk itu dia seseorang seniman yang multi. Selain musik dia ahli di gamelan, segala macam. Logis bahwa dia adalah anak dari Bagong, di mana Pak Bagong adalah seorang seniman yang luar biasa. Dan itulah Djaduk," kata Mus.

    Mus Mujiono mengenal Djaduk Ferianto melalui karyanya saat masih bermukim lama di Yogyakarta tahun 80-an. Saat musik-musik Djaduk dan Butet Kartaredjasa cukup familiar di telinga Mus.

    "Akhirnya saya kenal sendiri, waktu itu ketemu di JakJazz dulu di Ancol kebetulan dia juga mengisi acara di Ancol. Di situ saya mulai mengenal dia dan mengetahui keuletan dia sebagai seorang seniman Yogyakarta yang luar biasa," kata pelantun lagu Tanda Tanda itu.

    Gregorius Djaduk Ferianto meninggal dunia pada Rabu, 13 November 2019 dini hari. Penggagas Ngayogjazz itu meninggal dalam usia 55 tahun. Dia diduga meninggal akibat serangan jantung.

     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id