Melanie Subono Terinspirasi Oprah Winfrey

    Nia Deviyana - 19 Agustus 2015 10:24 WIB
    Melanie Subono Terinspirasi Oprah Winfrey
    Melanie Subono (Foto:MI/Angga Yuniar)



    medcom.id, Jakarta: Terinspirasi presenter Amerika Serikat Oprah Winfrey yang memiliki yayasan Make a Wish, Melanie Subono berinisiatif menggagas yayasan dengan konsep serupa. Namanya, Rumah Harapan.

    "Kami berusaha mengabulkan keinginan orang-orang yang tidak mampu," katanya saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2015).

    Melanie melanjutkan, yayasan sosial yang digagasnya berbeda dengan yayasan lain. Rumah Harapan tak memiliki anggota tetap, serta perencanaan kegiatan yang terstruktur.

    "Ini proyek yang spontan, karena awalnya juga tidak menyangka akan melakukan kegiatan sosial seperti ini. Kita tidak punya basecamp. Jadi komunikasinya lewat media sosial saja, lewat fanbase yang saya buat. Tugas saya, memprovokasi fan untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain," paparnya.

    Gayung pun bersambut. Rumah Harapan yang telah berdiri selama sembilan tahun itu menuai respons positif.

    "Sebenarnya orang baik di Indonesia itu banyak. Mereka cuma butuh sebuah cara dan sarana untuk menyalurkan kebaikannya," kata perempuan yang kerap menyuarakan isu sosial ini.

    Selain 'mengompori' penggemar, perempuan 38 tahun itu juga memiliki cara unik dalam menggalang donasi. Dia gemar mengumpulkan perlengkapan mandi dari hotel tempatnya menginap.

    "Kalau menginap di hotel, saya selalu bawa perlengkapan mandi yang biasanya sudah disediakan, seperti sabun, sampo, dan pasta gigi. Lumayan kan, setelah terkumpul banyak bisa disumbang ke orang yang membutuhkan. Saya juga mengajari itu ke fan saya," jelasnya.(ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id