comscore

Andrea Hirata: Menulis Masih Jadi Profesi Menjanjikan

Nia Deviyana - 21 Maret 2015 10:37 WIB
Andrea Hirata: Menulis Masih Jadi Profesi Menjanjikan
Foto: andrea-hirata.com
medcom.id, Jakarta: Industri buku di Indonesia tumbuh semakin pesat. Menurut penulis Andrea Hirata, hal itu sangat berbeda bila dibandingkan dengan saat ia mulai menulis dulu.

"Dulu, mencari penerbit yang bisa menerbitkan karya itu enggak gampang. Kalau sekarang, penerbit yang mencari karya," jelasnya saat ditemui di konferensi pers Creativpreneur Corner 2015, Jumat (20/3/2015).
Hal tersebut disebut dengan divisi akuisisi, dimana para penerbit yang mencari penulis. Tak hanya itu, penerbit juga menentukan tema bagi penulis.

Meski demikian, Andrea tak terganggu dengan hal itu. Menurutnya, ada beberapa penulis yang sulit menemukan ide sehingga perlu dipancing kreativitasnya.

Selanjutnya, Andrea mengatakan, tidak semua karya yang mengikuti selera pasar tidak berkualitas. "Karya yang bermutu tidak harus signifikan," imbuhnya.

Dengan adanya kondisi yang dijelaskan Andrea Hirata, pekerjaan menulis menjadi semakin mudah dan digemari. Namun, meski banyak saingan, penulis novel laris "Laskar Pelangi" ini tetap optimis, menulis masih menjadi profesi yang menjanjikan.

 

(AWP)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id