Ini Pelaku Jual Bayi Ruben & Ayu Ting Ting di Instagram

    Anindya Legia Putri - 11 September 2015 15:27 WIB
    Ini Pelaku Jual Bayi Ruben & Ayu Ting Ting di Instagram
    Pelaku bersama Ayu&Ruben di Polda Metro Jaya. (foto:Anindya Legia)



    medcom.id, Jakarta: Ruben Onsu dan Ayu Ting Ting kini bisa bernapas lega. Pasalnya, pelaku atau peemilik akun penjual bayi di Instagram yang telah mencatut foto anak Ruben Onsu dan anak Ayu Ting Ting telah ditangkap pihak kepolisian.

    "Ini hasil kerja keras Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya yang dipimpin oleh Kombes Budiono. Selama 1,5 bulan ada laporan dari saudara R, banyak foto di internet, salah satunya foto bayi R dan A. Dari hasil penyelidikan, kami melakukan upaya paksa terhadap tersangka. Dia dibelakang saya," ujar M Iqbal Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, saat ditemui di Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Jumat (11/9/2015).

     



    Pelaku sendiri merupakan seorang wanita berinisial UW, yang masih berusia 19 tahun, dan lulusan SMK. UW dalam melancarkan aksinya hanya bertindak seorang diri. 

    Tersangka ditangkap di rumahnya di Batuampar, Jakarta Timur, pada 10 September 2015. Menurut penuturannya, bayi-bayi tersebut akan dijual Rp5 Juta-Rp1 Miliar.

    "Kasus ini sudah diungkap lama. Tapi kami masih kekurangan alat bukti dan tersangka kami lepaskan. Namun Kamis kemarin kami menemukan alat bukti berupa hp dan peralatan elektronik, hingga kami jemput paksa. Yang jelas tersangka punya hp yang banyak sekali," tandas Diskrimsus Kombespol Budiono.

    Dengan barang bukti berupa satu buah HP serta Sim Card dan akun Facebook dan Instagram, pelaku diganjar Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (1) UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE, dengan ancaman pidana 6 tahun penjara atau denda Rp1 Miliar, serta Pasal 12 jo Pasal 115 UU RI No 28 Tahun 2014 dengan ancaman denda Rp500 Juta.

    Kasus ini bermula dari iklan penjualan bayi murah di akun Instagram bernama 'jualbayimurahsangat' dan Instagram 'jualbayimurahsegera'. Akun tersebut turut mengunggah foto anak dari Ruben Onsu, Thalia Putri Onsu dan anak dari Ayu Ting Ting, Bilqis Khumairah Razak. Merasa resah, Ruben dan Ayu pun melaporkan akun tersebut ke Polda Metro Jaya.

    "Kami kemudian menindaklanjuti laporan tersebut dan pelaku tertangkap setelah bekerjasama dengan pihak terkait," ujar M Iqbal menambahkan.

    (LOV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id