Tantangan Menari dari Penari Rianto

    MetroTV - 16 Mei 2020 18:05 WIB
    Tantangan Menari dari Penari Rianto
    Rianto (Foto: dok. pribadi)
    Jakarta: Ada banyak cara dilakukan orang-orang untuk mengisi waktu ketika lebih banyak berdiam diri di rumah sejak pandemi virus corona. Salah satunya adalah kegiatan menari. Inilah yang dilakukan ratusan orang yang menerima tantangan menari lengger banyumasan dari Rianto, seorang penari dan koreografer Indonesia yang telah mendunia.

    Rianto membuat tantangan menari ini sejak akhir April 2020 yang diumumkan lewat akun media sosial miliknya. Tantangannya adalah meniru sejumlah gerakan tari yang dibawakan oleh Rianto. Respons masyarakat rupanya diluar dugaan, karena sudah lebih dari 200 orang yang ikut tantangan  ini hingga Mei 2020. Mereka memamerkan video kegiatan sedang menari lengger banyumasan di media sosial masing-masing dan tidak lupa menyertakan hashtag yang ditentukan oleh Rianto.

    "Saya ingin menyemangati seluruh masyarakat untuk tetap berkreasi selama di rumah dengan membuat tantangan menari lengger banyumasan. Tantangan ini saya dedikasikan untuk para pekerja seni, pekerja upah harian, dokter dan para tenaga medis, serta untuk semua masyarakat Indonesia yang sedang bekerja dan belajar #dirumahaja,” kata Rianto lewat percakapan melalui Whatsapp.

    Yang berpartisipasi dalam tantangan menari lengger banyumasan ini tidak hanya berasal dari Indonesia, namun sejumlah orang asing dari berbagai negara juga ikut mengirim video mereka. Antara lain berasal dari Jepang, Prancis, Uzbekistan,  Amerika Serikat, Meksiko, Australia, dan Thailand. Banyaknya peserta dari luar negeri ini tidak terlepas dari nama besar Rianto yang memang sudah sering menggelar pertunjukkan di banyak negara.

    Tantangan Menari dari Penari Rianto
    Rianto (Foto: dok. pribadi)

    Pesertanya tidak hanya anak muda dan orang dewasa, namun juga anak-anak. Sejumlah peserta tampak menari dengan pakaian tradisional, sehingga membuat gerakan tarian lengger yang mereka bawakan terasa lebih indah dan menarik. Semuanya meniru gerakan tarian lengger yang dicontohkan Rianto dengan penuh suka cita, yang tampak dari raut wajah mereka.

    "Tantangan menari lengger banyumasan ini saya adakan sebagai salah satu cara untuk selalu aktif di rumah pada saat kondisi saat ini. Tubuh ini harus tetap bergerak,  dan menari juga salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan yang dapat menimbulkan keresahan," kata Rianto yang kisah hidupnya pernah diangkat ke layar lebar oleh sutradara Garin Nugroho dalam film Kucumbu Tubuh Indahku.

    Rianto sendiri juga merasakan dampak dari virus corona yang belum juga mampu ditaklukkan oleh seluruh dunia. Penari asal Banyumas, Jawa Tengah, dan kini bermukim di Jepang ini terpaksa lebih banyak berdiam diri di rumah pada saat ini ketika Jepang juga memberlakukan pembatasan sosial untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

    Jadwal pentas Rianto di berbagai negara sebenarnya sudah sangat padat sepanjang 2020. Namun, semuanya kini dibatalkan akibat Covid-19.  Dari kondisi inilah, muncul ide Rianto untuk membuat tantangan menari lengger yang rupanya mendapatkan respon luar biasa.

    Besarnya respons dari masyarakat membuat Rianto kemudian melanjutkan tantangan menari lengger banyumasan. Bahkan, penari yang telah membuat banyak karya tarian kontemporer ini, berencana membuatnya hingga lima tahap. (Edi Ginting)

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id