Slank Belajar Cara Tangani Gangguan Kecemasan

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 Oktober 2021 17:27 WIB
    Slank Belajar Cara Tangani Gangguan Kecemasan
    Acara Vaksin Slank untuk Indonesia (Foto: dok. Metro Tv)



    Jakarta: Personel Slank membahas banyak hal dengan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr. Maria Irene Hendrata, Sp.KJ. Termasuk, tentang cara menangani gangguan kecemasan yang dialami sendiri.

    Misalnya, ketika muncul gejala fisik, seperti gemetar, keringat dingin, jantung berdebar-debar, atau kesemutan. Apabila rasa paniknya hebat, bisa terasa sesak napas. Kecemasan pun kerap kali datang tiba-tiba.

     



    "Kalau kita cemas enggak ada orang, kita bisa lakukan relaksasi sendiri. Caranya, kalau ada sofa atau kasur, kita duduk santai atau berbaring," ujar dr. Maria Irene Hendrata, Sp.KJ., dalam program Vaksin Slank untuk Indonesia di Metro TV.

    "Kalau ada kursi, bisa duduk dan lakukan posisi butterfly hug. Seakan memeluk diri sendiri sembari ditepuk-tepuk. Ini seperti lagi menenangkan seseorang," tambahnya.

    Saat melakukan treatment ini, otot tubuh harus dalam keadaan rileks dan usahakan mata terpejam. Lalu, kita bayangkan situasi yang tenang, seperti seolah-olah berada di pantai dengan adanya ombak yang membuat suasana hati tenang.

    "Kuncinya, mengatur napas dengan tenang dan dalam, tahan sebentar, lalu buang pelan-pelan lewat mulut. Lakukan 5-10 menit, baiknya lakukan dua kali sehari kalau memang ada gangguan kecemasan," jelasnya.

    Treatment ini dapat dilakukan di pagi hari saat bangun tidur untuk memulai persiapan kegiatan hari. Selain itu, dilakukan juga sebelum tidur, supaya kita merasa lebih lepas dan membantu tidur lebih nyenyak.

    Vaksin Slank untuk Indonesia


    Sementara itu, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin Slank untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental.

    Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus". Tetapi, juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin Slank untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat," terang drummer Slank, Bimbim.

    "Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," tambahnya.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id