Lima Aturan Agnez Mo Sebelum Bicarakan Orang Lain

    Sunnaholomi Halakrispen - 24 Maret 2021 15:55 WIB
    Lima Aturan Agnez Mo Sebelum Bicarakan Orang Lain
    Agnez Mo (Foto: Youtube)



    Jakarta: Penyanyi Agnez Mo dikenal selalu fokus dengan prestasinya di industri musik. Ia juga tidak pernah terlihat terlibat kontroversi dengan membahas orang lain. Ternyata, ada lima aturan yang dilakukan Agnez dalam hidupnya.

    Peraih penghargaan Best Asian Artist dalam Asia Song Festival 2008 dan 2009 yang diadakan di Korea itu menyatakan, orang lain memiliki hak untuk berbicara, termasuk membicarakan kita. Namun, kita juga berhak memilih pendapat mana yang ingin kita dengarkan.






    Agnez Mo juga mengaku dirinya jarang membicarakan orang lain, karena ada lima hal yang diperhatikannya sebelum membicarakan urusan orang lain. Pertama, memastikan apakah kita layak, seperti memiliki gelar pendidikan yang tepat untuk membicarakannya atau memiliki ilmu yang mumpuni.

    "Apakah kamu punya pengalaman? Pernahkah kamu berada di posisi orang itu sehingga kamu memiliki pendapat tentang itu? Apakah kamu cukup pintar untuk mengevaluasi untuk benar-benar mengevaluasi situasi?" ucap Agnez di kanal YouTube Eventori.

    "Karena jika kamu tidak memiliki pengalaman, jika kamu tidak memiliki pengetahuan, jika kamu tidak memiliki gelar yang tepat, maka mungkin kamu harus diam dan menyimpan pendapat untuk diri sendiri. Berhenti di situ," jelasnya.

    Kedua, menyadari kapasitas diri sendiri. Apakah ini tempat kamu untuk membicarakannya? Apakah kamu berhubungan dengan orang tersebut? Jika kamu berhubungan dengan orang tersebut, apakah hal itu terlalu pribadi untuk orang itu?

    Menurut pelantun lagu "Shut 'Em Up" ini, walaupun berhubungan dengan orang itu, jangan melewati batas dengan mengomentari hal yang terlalu pribadi. Apalagi, jika hal tersebut tidak ada urusannya denganmu. Maka, simpan saja untuk diri sendiri. Aturan ketiga, tentang informasi yang dimiliki.

    "Apakah aku memiliki semua informasi? Apakah memiliki semua data untuk membuat penilaian yang benar? Bahkan, dalam ilmu pengetahuan, kamu perlu memiliki semua data yang kamu butuhkan untuk mengumpulkan semua sampel sebelum kamu mulai menganalisis dan kemudian menarik kesimpulan," paparnya.

    Apalagi, jika kita hanya mendapatkan informasi atau data dari media sosial. Tidak berarti fakta. Agnez Mo menekankan bahwa informasi seharusnya berasal dari semua pihak yang terlibat. Sedangkan aturan keempat, tentang memastikan niat bersuara.

    "Apakah niat kamu hanya untuk ikut campur dalam urusan orang lain, atau apakah karena kamu benar-benar peduli padanya? Karena jika niat kamu hanya untuk salah memahami seseorang atau salah menilai situasi, maka aku rasa itu bukan tempat kamu untuk mengatakan apa pun," ucapnya.

    "Jika kamu memiliki keempat kompetensi itu, itulah tempat kamu untuk membicarakannya dan kamu memiliki semua informasi, dan kamu berpikir bahwa niat kamu bertujuan baik. Inilah yang kelima, selalu pastikan, kapan dan bagaimana kamu ingin membicarakannya. Karena meskipun itu benar, jika dilakukan dengan cara yang salah, kamu tetap akan menyakiti dan salah," pungkasnya.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id