comscore

Cover Lagunya Tanpa Izin, Musisi Senior Ancam Gugat Tri Suaka dan Zidan: Kalian Tak Beretika!

Elang Riki Yanuar - 27 April 2022 20:52 WIB
Cover Lagunya Tanpa Izin, Musisi Senior Ancam Gugat Tri Suaka dan Zidan: Kalian Tak Beretika!
Tri Suaka (Foto: instagram)
Jakarta: Masalah sepertinya belum mau menjauh dari Zinidin Zidan dan Tri Suaka. Setelah menuai hujatan karena video yang dianggap meledek Andika Kangen Band dan anak berkebutuhan khusus, keduanya terancam tersangkut kasus hukum.

Zinidin Zidan dan Tri Suaka selama ini dikenal sebagai penyanyi yang kerap membawakan lagu musisi lain atau sering disebut penyanyi cover. Salah satu musisi senior Erwin Agam rupanya kesal karena Zinidin Zidan dan Tri Suaka menyanyikan lagunya yang berjudul "Emas Hantaran" tanpa izin.
Aksi Zinidin Zidan dan Tri Suaka memonetasi kontennya menyanyikan lagu "Emas Hantaran" membuat Erwin Agam berang. Apalagi, video cover lagu itu ditonton jutaan orang.

Erwin mengaku coba mengingatkan Tri Suaka dan Zidan mengenai izin dan royalti lagu tersebut. Bukannya bersikap kooperatif, Tri Suaka disebut Erwin malah mencoba kabur dari masalah dengan mematikan monetasi konten tersebut.  

"Satu lagi...!!! Kalian gak bayar pemakaian lagu saya (Emas Hantaran) yang mencapai jutaan viewer. Dihubungi manager saya untuk kerjasama, malah kalian matikan monetasi konten tersebut, Kalian Tak Beretika," tulis Erwin Agam di media sosialnya.

"Dari dulu saya udah geram, karena dihubungi baik-baik, di DM IG-nya diabaikan saja. Mereka juga telah merugikan viewer semua Label yang bayar lagu Emas Hantaran yang biaya izin pakai lagu tersebut jutaan rupiah," lanjutnya lagi.

Erwin Agam adalah musisi yang banyak menghasilkan lagu hit bergenre Melayu seperti "Ikhlaskan Aku Pergi", "Emas Hantaran", "Bandalah Kariang" dan lainnya. Melalui tim kuasa hukumnya, Erwin Agam sudah mengirimkan somasi kepada Tri Suaka dan Zinidin Zidan.

"Di dalam UU Hak Cipta, mereka yang memakai lagu tanpa izin disebutkan pelaku pembajakan. Pidananya 8 tahun dan dendanya sebesar Rp1 miliar lebih," kata kuasa hukum Erwin Agam, Arianto.

Menurut Arianto, Tri Suaka dan Zinidin Zidan meng-kaver 10 lagu milik Erwin Agam sehingga kliennya mengalami kerugian materi. Jika tak ada respons dari Tri Suaka dan Zinidin Zidan akan mengajukan gugatan perdata meminta ganti rugi sebanyak Rp10 miliar dari keduanya.

Arianto pun mengingatkan kepada penyanyi dan Youtuber lain seperti Tri Suaka dan Zidan untuk mengedepankan etika. Mereka harus izin kepada si pemilik lagu sebelum menyanyikan ulang.

"Kalau untuk melakukan gugatan perdata, kami meminta ganti rugi kerugian materil Rp 10 miliar dari 10 lagu yang diupload dengan viewer-nya 1 juta sampai 15 juta. Ini peringatan juga kepada YouTuber-YouTuber peng-cover wajib meminta izin dan mendapatkan lisensi sesuai Undang-Undang Hak Cipta," tutupnya.

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id