Kunjungi Tiga Candi, Ramon Tungka Belajar soal Kerukunan Umat Beragama

    Elang Riki Yanuar - 07 April 2021 21:22 WIB
    Kunjungi Tiga Candi, Ramon Tungka Belajar soal Kerukunan Umat Beragama
    Robi Navicula (Foto: instagram)



    Jakarta: Aktor Ramon Y. Tungka dipilih memandu acara dalam program Candi Darling From Home (CDFH). Lewat program ini Ramon berkesempatan mengunjungi tiga candi yakni, Sambisari, Banyunibo dan Barong untuk melakukan penanaman pohon.

    Banyak hal menarik yang dirasakan Ramon ketika berkunjung ke tiga candi tersebut. Hal paling berkesan adalah dia jadi tahu Indonesia punya kerukunan umat beragama sejak dulu.






    "Sebenarnya Sambi Sari dan Banyunibo memberi kesan yang asyik ya bagi gue. Di dua candi itu saya mendapat perspektif baru. Dalam artian dua candi ini sifatnya berbeda, yang satu candi Hindu yang satu Buddha. Tapi menariknya jaraknya tidak jauh. Berarti kan zaman dulu Indonesia sudah menerapkan kerukunan umat beragama," kata Ramon dalam jumpa pers virtual.

    Candi Darling From Home merupakan adaptasi program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang kini diselenggarakan secara daring. Melalui Candi Darling From Home, Ramon hendak mengajak anak muda agar lebih peduli lagi terhadap lingkungan. Sekaligus memahami sejarah karena penanaman pohon dilakukan di tempat bernilai historis tinggi.

    "Siapapun sebenarnya memiliki tanggungjawab terhadap lingkungan. Namun banyak generasi muda kurang memahami untuk peduli lingkungan. Tapi melalui Candi Darling From Home ini kita mengajak generasi muda untuk memahami sejarah bangsa ini. Saya memang sering melewati daerah Sleman dan sekitarnya tapi ketika mengunjungi candi secara langsung kita jadi mengenal lebih dalam. Begitu juga saat mengikuti program penanaman kemarin," kata Ramon.

    Kunjungi Tiga Candi, Ramon Tungka Belajar soal Kerukunan Umat Beragama

    Candi Darling From Home menargetkan partisipasi generasi muda dapat menghimpun tak kurang dari 10 ribu pohon dan tanaman yang nantinya akan ditanam di Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong. Anak-anak muda peduli lingkungan yang ingin berpartisipasi bisa menguggah kegiatan bertema peduli lingkungan di akun media sosialnya dan memberikan tagar #CandiDarlingFromHome serta menuliskan tag akun resmi @siapdarling.

    "Setiap satu postingan akan dihitung sebagai donasi satu bibit pohon yang akan ditanam di kawasan Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong. Selain itu, aksi dan wujud cinta lingkungan juga dapat dilakukan dengan kegiatan lari dan bersepeda yang akan dikonversi menjadi satu buah bibit pohon," kata Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Tania Anggriani Arbi.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id