comscore

Kunto Aji Galang Dana untuk Korban Banjir NTT

Sunnaholomi Halakrispen - 05 April 2021 16:30 WIB
Kunto Aji Galang Dana untuk Korban Banjir NTT
Kunto Aji (Foto: medcom)
Jakarta: Indonesia sedang berduka atas terjadinya bencana banjir di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT). Banyak biaya untuk kebutuhan yang diperlukan para korban. Musisi Kunto Aji pun menggerakkan ajakan untuk membantu para korban.

"Saya bersama @kitabisacom membantu menggalang dana untuk teman-teman korban banjir di NTT. Untuk yang punya rejeki lebih dan mau membantu silakan klik link ini," cuit Kunto Aji di Twitternya sembari menautkan link Kitabisa.
Ia tak hanya mengajak para penggemar serta pengikutnya di media sosial, tetapi juga untuk seluruh masyarakat. Namun, penggalangan dana tersebut tidak bersifat memaksa. Kunto menekankan bahwa bantuan juga bisa diberikan melalui cara lain.

"Yang belum ada rejeki lebih mohon doanya," tulisnya.

Di sisi lain, cuaca buruk menerpa NTT hingga mengakibatkan bencana. Di antaranya, angin kencang yang mengakibatkan meningkatnya tinggi gelombang di sekitar wilayah Laut Flores dan Laut Timor, hujan lebat yang menyebabkan sebagian wilayah banjir bandang, serta longsor.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) melaporkan sebanyak 55 orang meninggal dan 40 orang hilang akibat banjir bandang di Lembata dan Flores Timur. Kemudian, sebanyak 44 orang meninggal di Flores Timur dan 11 lainnya di Lembata. Sementara data warga hilang, tercatat sejumlah 24 orang di Flores Timur dan 16 orang di Lembata.

Kerugian materiel juga dialami di Flores Timur. Rumah hanyut sebanyak 17 unit, rumah terendam lumpur sebanyak 60 unit, dan lima unit jembatan putus. BPBD setempat masih terus mendata dan memverifikasi dampak korban maupun kerusakan infrastruktur.

Selain itu, terlaporan juga bencana di Kabupaten Malaka Tengah dan Ngada, NTT. Angin kencang terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Ngada. Desa terdampak ada di Kelurahan Kisantara, Lebijaga, Bajawa, Tanalodu (Kecamatan Bajawa), dan Kelurahan (Riung).
 
Bencana juga melanda Kota Kupang, NTT. Angin kencang, longsor, banjir rob, dan gelombang pasang muncul di kota itu. Sebanyak 743 keluarga atau 2.190 warga terdampak cuaca ekstrem tersebut. Sebanyak 10 rumah warga rusak sedang dan 15 titik akses jalan tertutup pohon tumbang.


 

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id