Rekam Jejak Zumi Zola: Dari Pesinetron hingga Terjerat Kasus Korupsi

    Cecylia Rura - 25 Juni 2020 16:04 WIB
    Rekam Jejak Zumi Zola: Dari Pesinetron hingga Terjerat Kasus Korupsi
    Zumi Zola (Foto: Antara)
    Jakarta: Nama Zumi Zola kini santer dibicarakan atas kasus penerimaan gratifikasi. Dia telah divonis 6 tahun kurungan penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta pada 6 Desember 2018.

    Kini, eks Gubernur Jambi itu harus menelan pil pahit. Setelah dipecat dan mendekam di penjara, Zumi Zola digugat cerai sang istri, Sherrin Tharia. Berikut secuplik perjalanan Zumi Zola dari panggung hiburan, perihal asmara, hingga melenggang sebagai eks pejabat:

    Berangkat sebagai kontestan Abang None ke sinetron


    Zumi Zola mengikuti Abang None mewakili Jakarta Selatan pada 2001. Dari sini, kariernya berlanjut ke dunia sinetron.

    Sejumlah sinetron dibintangi Zumi Zola saat itu, satu di antaranya Ku T'lah Jatuh Cinta (2006) bersama Agnes Monica dan menjadi model video musik Matahariku (2008).

    Dari layar sinetron, kariernya diperhitungkan sebagai aktor film. Tiga judul film dibintangi Zumi Zola yakni Di Sini Ada Setan, Kawin Laris, dan Merah Putih.

    Zumi Zola batalkan pertunangan dengan Ayu Dewi


    Nyaris 10 tahun berlalu, sejumlah publik mungkin masih mengingat kabar batalnya pertunangan Zumi Zola dan Ayu Dewi. Detik-detik terakhir jelang pernikahan yang rencananya berlangsung pada Mei 2011, Zumi Zola memutus hubungan dengan Ayu Dewi.

    Tak hanya Ayu Dewi, Zumi Zola sudah pernah batalkan pertunangan dengan wanita lain. Ketika hubungan Zumi Zola dan Ayu Dewi merebak, tak banyak yang tahu Zumi Zola pernah menjalin kasih dengan penulis Cassandra Massardi. Kabarnya sebelum dengan Ayu Dewi, Zumi Zola pernah bertunangan dengan Cassandra dan membatalkannya.

    Menjabat Bupati


    Di tengah kisruh asmaranya, Zumi Zola menjabat sebagai Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur periode 2011-2016 berpasangan dengan Wakil Bupati Ambo Tang.

    Belum habis masa jabatan sebagai bupati, Zumi Zola mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi pada 6 Oktober 2015. Dalam Pilkada Serentak, Zumi Zola berpasangan dengan Fachrori Umar. Mereka terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2016-2021.

    Dilaporkan ke polisi kasus asusila


    Pada 2012, Zumi Zola masih tersandung kasus perihal asmara. Bernaldi Djemat melaporkan Zumi Zola ke polisi karena berselingkuh dengan istrinya, Peny Farnita Saputri. Bernaldi saat itu membawa sejumlah barang bukti seperti percakapan di BBM serta foto-foto di ponsel.

    Zumi Zola menikahi Sherrin Tharia, dikaruniai dua anak


    Seperti menyambung kisah tanpa memperjelas kasus tuduhan selingkuh dari Bernaldi, Zumi Zola hadir dengan kabar mempersunting Sherrin Tharia pada 16 Maret 2012. Keduanya dikaruniai dua orang anak yang kini masih berusia di bawah 10 tahun.

    Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka kasus suap


    Dua tahun menjabat sebagai Gubernur Jambi, Zumi Zola diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus dugaan suap RAPBD dan penerimaan gratifikasi.

    Zumi Zola divonis 6 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta karena terbukti menerima gratifikasi dan melakukan suap kepada anggota DPRD Jambi.

    Diduga, hasil gratifikasi digunakan Zumi Zola untuk keperluan pribadi dan keluarga, seperti membeli action figure dengan harga fantastis.

    Digugat cerai Sherrin Tharia


    Pernikahan Zumi Zola dan Sherrin Tharia hanya bertahan 8 tahun. Maret lalu, Sherrin menggugat cerai Zumi Zola di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Gugatan itu dilayangkan karena disebut adanya pertengkaran antara Zumi Zola dan Sherrin Tharia.

     


    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id