comscore

Disebut Plagiat, Kekeyi Minta Maaf

Cecylia Rura - 05 Juni 2020 13:26 WIB
Disebut Plagiat, Kekeyi Minta Maaf
Wawancara Anji dengan Kekeyi (Foto: YouTube dunia Manji)
Jakarta: Beauty vlogger Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka merilis video musik Keke Bukan Boneka pada Jumat, 29 Mei 2020. Video tersebut mendapat beragam reaksi, termasuk disebut mirip dengan lagu Aku Bukan Boneka ciptaan Novi Umar yang dibawakan Rinni Wulandari.

Novi Umar memberikan tanggapan melalui YouTube pada Sabtu, 30 Mei 2020. Novi Umar menyayangkan kemiripan yang terjadi dalam penggalan lagu Keke Bukan Boneka dengan Aku Bukan Boneka.
"Saya mungkin akan memaklumi si penyanyi ini karena memang penyanyi ini juga bukan penyanyi yang sudah memiliki album, sudah memiliki sekian banyak singel sebelumnya. Jadi mungkin dia tidak paham tentang karya cipta, hak kekayaan intelektual seseorang," kata Novi, dikutip dari pernyataan di YouTube.

"Tapi yang saya sayangkan adalah saya yakin si penyanyi ini memiliki manajemen atau manajer atau tempat label yang dia rilis singel ini sangat paham sekali akan hal itu, itu yang saya sayangkan," kata Novi.

Menurut Novi, lirik Aku Bukan Boneka adalah bagian ikonik lagu yang dinyanyikan Rinni Wulandari. Dia sebagai pencipta merasa Kekeyi tanpa permisi kepada Novi maupun label Sony Music Indonesia menggunakan bagian tersebut.

"Itu menurut saya sama saja dengan, mungkin mengambil hak saya tanpa seizin saya. Saya akan sangat respect sekali jika memang seandainya sebelumnya komunikasi dengan saya pribadi atau ke Sony Music sebagai label tempat saya bernaung," kata Novi.

Kekeyi yang berada di Nganjuk kemudian berbincang dengan Anji yang diunggah ke YouTube, Minggu, 31 Mei 2020. Dalam perbincangan tersebut, Kekeyi menjelaskan asal muasal lagu tersebut.

"Aku buat sendiri tapi ada lah aransemennya di studio," kata Kekeyi menjawab pertanyaan Anji.

Soal kemiripan lagu, Kekeyi menjelaskan dia belum pernah mendengar lagu Aku Bukan Boneka yang dibawakan Rinni Wulandari rilisan 2007. Keke Bukan Boneka disebut terinspirasi dari mantannya.

"Mantan aku (bilang) kamu bukan boneka, ini apa, meledek kecil-kecilan. Gimana kalau misalnya aku buat puisi atau kata-kata," kata Kekeyi.

Kekeyi yang sempat kursus ukulele kemudian membuat lagu Keke Bukan Boneka di studio dan dibuatkan aransemen lagu. "Aku enggak tahu kalau itu hampir mirip, aku enggak tahu," kata Kekeyi.

Melalui YouTube Anji, Kekeyi meminta maaf. "Aku minta maaf banget, aku bukan berniatan buruk atau kayak ambil lagu orang, hak cipta orang, bukan, aku cuma niat buat lagu dan benar-benar enggak tahu kalau lagunya sama," kata Kekeyi.

"Aku kemarin sampai deg-degan dan nangis, kenapa, aku salah apa," kata Kekeyi.

Video Keke Bukan Boneka melesat trending di YouTube Indonesia setelah dirilis. Dalam beberapa hari, video Keke Bukan Boneka bertahan di daftar trending YouTube Indonesia.

 

(ASA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id