comscore

Seni Digital Menyelami Ajaran dan Karya Jalaluddin Rumi

Elang Riki Yanuar - 13 Juni 2022 21:11 WIB
Seni Digital Menyelami Ajaran dan Karya Jalaluddin Rumi
"Rumi Dreams" (Foto: dok. TGA)
Jakarta: Seniman terkenal dunia, Refik Anadol, meluncurkan proyek terbarunya yang diberi tajuk "Rumi Dreams" di acara seni dan budaya terbesar ?stanbul, Festival Rute Budaya Beyo?lu.

Karya seni multisensor baru seniman Turki itu dibuat dengan memvisualisasikan arsip besar dokumen terkait mistikus abad ke-13, Mevlâna Jalaluddin Rumi. Karya ini dibuat untuk memperingati 750 tahun kematian Jalaluddin Rumi.
Rumi Dreams menghadirkan pengalaman multisensori selama 6 setengah menit yang terinspirasi dengan ajaran dan warisan budaya Rumi. Refik Anadol dan studionya mengumpulkan data dari berbagai multidisiplin, termasuk salinan karya monumental Rumi Masnavi dalam 26 bahasa, jutaan dokumen dan arsip, manuskrip, rekaman musik, dan pertunjukan sufi.

"Sebagai salah satu ikon budaya universal dunia, Rumi dikenal dengan puisi dan kata-kata bijaknya yang indah. Terinspirasi oleh seruan Rumi untuk 'menemukan cahaya dalam diri', Rumi Dreams bertujuan untuk menghadirkan alam semesta Mevlâna Jalaluddin Rumi kepada khalayak luas," kata Refik Anadol dalam keterangan tertulisnya.

Refik Anadol dan timnya meyakini bahwa untuk melambangkan dan mewujudkan panggilan Rumi dalam waktu singkat hanya bisa dilakukan dengan seni digital. Dengan keyakinan ini, mereka berangkat untuk menyampaikan panggilan mistik yang abadi dengan menarik indra visual dan pendengaran, menciptakan mimpi yang terinspirasi oleh Rumi yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan.

"Rumi Dreams" karya Refik Anadol adalah pengalaman digital yang pertama kali di dunia. Proyek multisensor ini membenamkan pengunjung ke dalam karya seni dan pandangan dunia Rumi, memperkenalkan mereka yang tidak terbiasa dengan ajaran penyair dan mistik pada tradisi transendental Sufi.

"Tulisan-tulisan Rumi banyak mempengaruhi pemikiran mistik dan sastra secara global, popularitasnya menjadi fenomena budaya global. UNESCO mendeklarasikan tahun 2007 sebagai 'Tahun Rumi Internasional' dan menggambarkan Rumi sebagai salah satu humanis, filsuf, dan penyair besar yang menjadi milik umat manusia secara keseluruhan," tutupnya.

 

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id