Doa dari Para Seniman atas Wafatnya Djaduk Ferianto

    Cecylia Rura - 13 November 2019 09:42 WIB
    Doa dari Para Seniman atas Wafatnya Djaduk Ferianto
    Djaduk Ferianto (Foto: Achmad Wildan)
    Jakarta: Seniman Gregorius Djaduk Ferianto tutup usia pada Rabu dini hari, 13 November 2019. Kabar ini dibagikan Butet Kartaredjasa, kakak Djaduk, bak petir di pagi hari mengingat sosoknya sangat penting dalam pertumbuhan musik jazz di Tanah Air.

    Sejumlah seniman dan berbagai kalangan tampak memberikan penghormatan terakhir melalui unggahan di media sosial. Kreator pertunjukan boneka Ria Papermoon, Maria Tri Sulistiani ikut kaget mendengar kabar kepergian Djaduk.

    "Saya bangun dengan kabar yang sangat tidak mengenakkan hati. Seharusnya saya langsung ke bandara, tapi jdwal pesawat siang yang saya pilih ternyata punya alasan lain. Saya haris pamit ke Oom Djaduk pagi ini. Menyentuh tangannya untuk terakhir kali sambil membisikkan kata.. Terima kasih," tulis Ria melalui akun Instagram @riapapermoon, Rabu, 13 November 2019.

    "Semoga energimu akan selalu menjadi nyala dalam setiap perjalanan karya kami. Akan kami lanjutkan, oom.. Akan kami lanjutkan. Karena semua yang berasal dari tanah akan kembali ke tanah...," bunyi lanjutan doa dari Ria.

    Promotor musik Anas Syahrul Alimi juga tak menduga penggagas Ngayogjazz itu akan berpulang dengan cepat. Sementara dia sudah merencanakan pertemuan dengan sang Djaduk pada akhir pekan nanti dalam Ngayojazz.

    "Sugeng tindak Mas Djadug. ini foto setahun lalu di Ngayogjazz 2018. Minggu depan kami semua tim Prambanan Jazz berencana hadir di Ngayogjazz," tulis Anas.

    Dari kalangan sineas ada Mira Lesmana, Riri Riza, serta Sherina yang pernah bekerja sama dalam film Petualangan Sherina ikut berduka atas kepergian Djaduk Ferianto.

    "Selamat beristirahat Mas Djaduk Ferianto... Kami akan merindukan suara, musik, dan candamu," tulis Mira Lesmana.

    "Untuk semua kebaikan dan bunyi-bunyi indah... Mas Djaduk, selamat jalan," tulis Riri Riza.

    Triawan Munaf, ayah Sherina mengunggah foto-foto kebersamaan dengan Djaduk Ferianto.

    "Kenangan bersama seniman/budayawan besar Alm. Mas Djaduk Ferianto. Sekarang sudah kembali kepada Sang Penciptanya dan sudah bersama ayahanda tercinta Alm. Pak Bagong Kussudiardja. Selamat jalan Mas...," tulis Triawan.

    Dari kalangan musikus ada Febry "Senar Senja" yang sempat bertemu dengan Djaduk Ferianto setelah Pemalang Jazz Festival 2019. Dia mengenang sosok Djaduk sebagai pribadi yang hangat dan tenang.

    "Kami ngopi santai sambil ngudut di pinggir pantai kala itu, obrolan panjang pun terjadi, namun tidak pernah terlintas dalam benak saya bisa ngobrol intim dengan musisi/komponis idola saya ini," kenang Febry.

    Febry mengunggah swafoto bersama Djaduk pada 2014 dan 2017. Pertemuan terakhir mereka dua tahun lalu saat Senar Senja melakukan remakan album kedua di Padepokan Seni Baging Kussudiardja, Bantul, Yogyakarta. Febry menetap selama dua pekan di studio milik Djaduk.

    "Walaupun pertemuan terakhir, saya yakin takdir dan ilmu yang telah diberikan oleh beliau kepada saya dan banyak orang di luar sana akan membawa amal baiknya kelak. Amin. Doaku menyertai perjalananmu, pak," tulis Febry.

    Ungkapan dukacita terus mengalir di kalangan seniman di antaranya Agus Noor, Garin Nugroho, Endah Widhiastuti, Heruwa "Shaggydog" dan sejumlah seniman lain.

    Djaduk Ferianto lahir pada 18 Juli 1964. Dia adalah anak dari seniman besar Bagong Kussudiharjo. Djaduk Ferianto memimpin grup musik Kua Etnika dan Orkes Kerongon Sinten Remen. Dia juga terlibat dalam Jazz Gunung serta menjad penggagas dalam acara Ngayogjazz yang akan digelar pada Sabtu, 16 November 2019.

    Gregorius Djaduk Ferianto meninggal dunia dalam usia 55 tahun.


     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id