Deretan Artis Korban Hoaks Terkait Korona

    Cecylia Rura - 18 Maret 2020 08:00 WIB
    Deretan Artis Korban Hoaks Terkait Korona
    Tom Hanks. (Foto: Jeff Kravitz/FilmMagic/Getty)
    Jakarta: Pemberitaan Covid-19 atau korona turut merugikan sejumlah artis. Beberapa dari mereka dikabarkan positif terjangkit korona hingga meninggal dunia.

    Berikut daftar artis yang menjadi korban hoaks terkait virus korona:

    Jackie Chan

    Aktor laga asal Hong Kong, Jackie Chan disebutkan terkena korona hingga harus menjalani karantina. Kabar ini menyebar di sejumlah media sosial dan turut dibagikan oleh akun Facebook Mahniarsan26.com. Akun tersebut mengunggah video berjudul "Gawat Aktor China Jackie Chan terkena virus corona - viralkan."

    Kabar tersebut telah diklarifikasi oleh  Jackie Chan melalui akun Instagram resmi. Dia memastikan, dirinya dalam keadaan sehat dan tidak dikarantina.

    "Terima kasih atas perhatian dari semua orang! Saya aman dan sehat, dan sangat sehat. Tolong jangan khawatir, saya tidak di karantina. Saya harap semua orang tetap aman dan sehat juga!" tulis akun Jackie Chan pada 27 Februari 2020.

    Daniel Radcliffe

    Bintang film Harry Potter Daniel Radcliffe sempat dikabarkan terjangkit Covid-19 atau korona pada 10 Maret 2020. Kabar itu tersiar melalui akun palsu bernama @BBCNewsTonight.

    "BREAKING: Daniel Radcliffe dinyatakan positif virus korona. Aktor ini menjadi selebriti pertama yang dikonfirmasi secara publik (mengidap Covid-19)," tulis akun tersebut yang telah dihapus.

    Kabar ini pun dibantah oleh juru bicara Daniel Radcliffe. "Itu tidak benar," ungkapnya kepada media, dilansir dari E! News, sehari setelah kabar hoaks merebak.

    Kendati akun tersebut hanya memiliki 125 pengikut, informasi palsu itu di-retweet koresponden Gedung Putih untuk The New York Times, Maggie Haberman dan Direktur Editorial Digital Politico, Blake Hounshell. Sehingga, berita ini ikut meluas. Mereka meminta maaf atas kejadian itu.

    Tom Hanks

    Tom Hanks dikabarkan meninggal dunia oleh media satir the-daily-star.com, situs luar negeri yang menyerupai The Daily Star, pada Jumat, 13 Maret 2020. Situs itu tak menyebutkan sumber berita, hanya narasi pendek tentang kabar meninggalnya Tom Hanks.

    Sementara itu, pada Jumat paginya, Tom Hanks dan Rita Wilson mengabarkan kondisi mereka baik-baik saja. Kabar wafatnya Tom Hanks adalah hoaks.

    "Hai semua. Rita dan saya ingin berterima kasih karena Down Under telah merawat kami dengan baik di sini. Kami terjangkit Covid-19 dan diisolasi jadi kami tidak menularkannya kepada siapapun," tulis Tom Hanks, diunggah dengan swafoto bersama istri.

    Pada Minggu, 15 Maret 2020, Tom Hanks juga mengunggah dua potong roti dengan vegemite. "Teirma kasih untuk para asisten. Mari saling menjaga diri dan satu sama lain. Hanx," tulisnya.

    Bintang film Forrest Gump itu mendapat penanganan dari Gold Coast University Hospital bersama istri, Rita Wilson setelah didiagnosis terjangkit virus korona. Tom Hanks dan istri mengumumkan kepada publik kondisi mereka terjangkit korona pada 12 Maret 2020. Mereka adalah figur publik pertama yang terbuka terjangkit korona.

    Tom Hanks berkunjung ke Australia dalam rangka proyek film Elvis Presley. Warner Bros. mengonfirmasi aktor berusia 63 tahun itu ikut dalam pra produksi film. Tom Hanks memerankan Colonel Tom Parker, manajer Elvis Presley. Austin Butler memerankan Elvis Presley.

    Kabar terbaru, Tom Hanks dan Rita Wilson telah meninggalkan rumah sakit. Mereka kini melakukan isolasi diri di sebuah rumah sewa di Australia. Dilansir dari CNN, kondisi mereka dikabarkan membaik.

    Hingga Selasa, 17 Maret 2020 pukul 12.17 WIB, situs data Coronavirus Covid-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) menunjukkan total ada 182.406 kasus terkonfirmasi. Angka kematian mencapai 7.154 dan total kesembuhan mencapai 79.433.
     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id