Slank Tanyakan Ciri Orang yang Butuh Bantuan Psikolog atau Psikiater

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 Oktober 2021 16:31 WIB
    Slank Tanyakan Ciri Orang yang Butuh Bantuan Psikolog atau Psikiater
    Acara Vaksin Slank untuk Indonesia (Foto: dok. Metro Tv)



    Jakarta: Personel Slank bertemu dengan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr. Maria Irene Hendrata, Sp.KJ. Mereka pun menanyakan apa saja ciri-ciri untuk kondisi orang yang membutuhkan bantuan psikolog ataupun psikiater.

    "Pandemi ini saya rasa luas sekali dampaknya, semua aspek termasuk ke kesehatan mental masyarakat. Belakangan ini banyak kasus cemas, depresi, dan gangguan tidur," ujar dr. Maria Irene dalam program Vaksin Slank untuk Indonesia di Metro TV.

     



    "Selama pandemi, kasus-kasus itu meningkat. Bahkan bagi ODGJ yang sudah pulih dan stabil, sejak pandemi ini banyak yang kambuh lagi," tambahnya.

    Psikiater yang berpraktik di Tangerang dan Jakarta ini menjelaskan, rasa cemas tidak selalu negatif. Sebab, kadang-kadang manusia butuh rasa cemas supaya bisa termotivasi.

    Kecemasan yang bisa menyemangati atau membuat termotivasi, bisa dialami semua orang. Contohnya, ketika Slank hendak manggung di suatu acara, mungkin muncul rasa cemas.

    Kemudian, Slank memutuskan untuk kebih giat dalam latihan bermusik, supaya penampilan mereka bisa bagus. Hal itu ditekankan dr. Irene bahwa kecemasan yang dialami Slank masih dalam batas yang wajar.

    "Tapi kalau sampai mengganggu aktivitas dan mengganggu fungsi, misalnya jadi enggak bisa tidur, makan enggak nafsu, lalu mau tampil malah blank atau lupa nadanya, itu artinya sudah berlebihan dan mulai mengarah ke gangguan," jelasnya.

    Vaksin Slank untuk Indonesia


    Sementara itu, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin Slank untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental.

    Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus". Tetapi, juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin Slank untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat," terang drummer Slank, Bimbim.

    "Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," tambahnya.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.







     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id