comscore

Tips Atasi Kebuntuan saat Menulis Ala Dee Lestari

Medcom - 18 Desember 2021 10:00 WIB
Tips Atasi Kebuntuan saat Menulis Ala Dee Lestari
Dee Lestari (Foto: instagram)
Jakarta: Dewi Lestari atau dengan nama penanya Dee Lestari masih menjadi salah satu penulis produktif di Indonesia. Saat ini, Dee bersiap merilis sebuah buku lanjutan dari Rapijali.

Meski masih rajin menulis, Dee juga kerap menemukan kebuntuan saat menulis alias writers block. Namun, sebagai penulis yang sudah pengalaman, Dee sudah tahu cara mengatasinya.

 



Menurut Dee, kebuntuan menulis diakibatkan karena dua hal. Pertama karena jenuh. Bagi Dee Lestari, Writers Block sangat wajar terjadi.

“Yang pertama Writers Block yang lebih ke arah kita jenuh dan kalau kita jenuh sebenarnya buat saya simple saja, berhenti aja dulu menyegarkan diri,” ucap Dee Lestari dalam tayangan Ngobras Medcom.id.

Menurutnya ketika jenuh, kita harus menyegarkan diri dengan aktivitas lainnya seperti rekreasi, olahraga, nonton, baca atau tidur. Writers Block yang kedua datang dari teknis karya kita.

“Writers Block yang datang karena ada hal teknis di dalam karya kita yang membuat karya kreativitas kita buntu. Buntu itu karena ada karya kita yang harus diperbaiki, mungkin struktur karya kita kurang bekerja, ada logika yang lompat gitu,” tambahnya.

Menurutnya, yang sering terjadi dialami oleh penulis adalah Writers Block yang sifatnya teknis dan tidak tahu cara penguraiannya seperti apa.

“Padahal kalau kita mempunyai ketekunan dan kesabaran yang lebih untuk mengurai kesulitan tadi, apa sih yang salah dengan cerita saya, mungkin karakternya kurang hidup, mungkin settingnya tidak tepat dan sebagainya. Dia akan terurai dengan sendirinya kalau kita ketemu titik macetnya di mana,” jelas Dee Lestari.

(Raja Alif Adhi Budoyo)


 

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id