comscore

Alasan Hilman Hariwijaya Ingin Menjadi Seniman dan Beban Setelah Lupus

Medcom - 09 Maret 2022 12:46 WIB
Alasan Hilman Hariwijaya Ingin Menjadi Seniman dan Beban Setelah Lupus
Hilman Hariwijaya (Foto: instagram)
Jakarta: Penulis novel Lupus, Hilman Hariwijaya dikabarkan telah meninggal dunia pada hari Rabu, 9 Maret 2022. Kabar ini disampaikan oleh mantan istrinya, Nessa Sadin.

"Innalillahi wainnaillahi rojiun Telah berpulang Hilman Hariwijaya Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02 wib, Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum." kata Nessa.
Pada tahun 2015, medcom.id pernah bertemu dan berbincang dengan penulis kelahiran Bengkulu itu di kawasan Baywalk Pluit. Dalam sesi pertemuan itu, beliau berbincang banyak hal, salah satunya alasan dirinya memilih menjadi seorang seniman.

Hilman mengungkapkan dirinya yang benci dengan segala hal berbau kekerasan, menyebabkan dirinya ingin mnecari jati diri sebagai seniman yang notabene berhati halus.

"Saya anti banget dengan kekerasan. Saya tinggal di perumahan Hankam, saya tertekan lingkungan saya yang hobinya gebukin orang. Ada orang ngapel pacarnya yang rumahnya di sana aja pulangnya digebukin, dan mereka bangga gebukin orang. Saya juga pernah digebukin karena menentang sikap mereka. Dibilang banci sebagai anak tentara. Dari situ alam bawah sadar saya mau menjadi seorang seniman yang hatinya halus." ujar Hilman.

Karakter Lupus ternyata berbeda dengan watak asli Hilman, justru Lupus menjadi sebuah alter ego bagi penulis tersebut.

"Saya itu orangnya pemalu, introvert dan grogian kalau banyak orang. Lupus itu alter ego saya. Saya penginnya kayak gitu, jadi anak muda itu kayak dia, lucu, disenengin, cuek, nyablak. Sedangkan saya sendiri banyak pertimbangan kalau ngomong, misal takut orang tersinggung enggak ya." ungkapnya.

Banyak penggemarnya yang memiliki ekspektasi bahwa Hilman adalah Lupus, hal itu membuat diri Hilman menjadi grogi saat ikut acara-acara jumpa pembaca dengan penulis.

"Itu beban buat saya, orang berharap saya kayak lupus. Saya jumpa pengarang dan pembaca, dan itu yang dateng banyak banget. Di situ mereka harapin saya kayak lupus, makanya saya ajak teman-teman kayak Gusur dan Boim, kalau saya sendiri bisa mati berdiri. Bertahun-tahun beban berat buat saya diledekin, ‘Ayo dong Lupusnya ngelucu,’ saya semakin grogi digituin." katanya.

Diketahui, semenjak akhir tahun 2021, kesehatan Hilman memang menurun, terlihat dari postingan Instagram terakhirnya yang memperlihat dirinya terbaring di ranjang dan berfoto dengan seseorang yang memakai kostum Spider-Man. (Yahya Nadim Oday)

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id