Diperas karena Foto Telanjang Palsu, Selebgram Titan Tyra Melawan

    Elang Riki Yanuar - 28 Juli 2021 21:12 WIB
    Diperas karena Foto Telanjang Palsu, Selebgram Titan Tyra Melawan
    Titan Tyra (Foto: instagram)



    Jakarta: Selebgram Titan Tyra menjadi korban netizen usil. Sejumlah foto telanjang yang menampilkan wajah Titan banyak beredar di internet.

    Tentu saja foto-foto itu hanya hasil rekayasa digital. Namun, peredaran foto-foto itu rupanya dimanfaatkan orang tidak bertanggungjawab. Mereka menjadikan foto palsu itu untuk memeras Titan.

     



    Tak mau meladeni sang pemeras, Titan justru menyuarakan perlawanan. Dia membeberkan apa yang dialaminya ke media sosial

    "Ada beberapa foto saya yang dipalsukan bugil beredar di Twitter dan platform sosial media lainnya. Saya pun tidak tahu beredar dimana, tapi saya akhir-akhir ini terima beberapa email tentang hal ini, hingga ada yang pakai bahasa pemerasan walaupun itu foto palsu," tulis Titan di Instagram.

    Titan sengaja mengungkap masalah ini ke publik agar tidak ada lagi orang mengalami hal serupa dengannya. Apalagi banyak selebriti lain yang menjadi korban kejahilan warganet.

    "Saya tadinya mau mengabaikan saja masalah ini karena saya dan keluarga tau itu adalah foto editan, serta memang sudah ribuan perempun menjadi korban (jika tidak familiar dengan pemalsuan seperti ini bisa coba google 'foto palsu perempuan tanpa busana edit pakai deepfake', akan tidak ada ratusan artikel tentang masalah ini); tetapi kalau saya speak up tentang masalah ini, berarti saya secara tidak langsung mendukung hal ini untuk berlanjut," jelasnya.

    Titan mengungkit konsekuensi hukum bagi pembuat atau penyebar foto-foto telanjang artis hasil rekayasa digital. Apalagi di Indonesia, polisi sudah memiliki tim khusus menangangi kejahatan siber.

    "Untuk teman-teman semua, tolong kalau kalian melihat foto2/video2 bugil SIAPAPUN, dan apapun itu mau fake atau bahkan asli sekalipun jangan dishare. Kalau kamu share, kamu pun termasuk sebagai bagian besar dari masalah ini. Ini adalah masalah global dan termasuk dalam kejahatan siber. Kejahatan siber adalah tindakan kriminal dan dapat dipidana secara hukum," tutupnya.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id