Wacana Penghina Presiden & Anggota DPR Dipenjara, Krisdayanti Mendebat Melanie Subono

    Elang Riki Yanuar - 08 Juni 2021 18:48 WIB
    Wacana Penghina Presiden & Anggota DPR Dipenjara, Krisdayanti Mendebat Melanie Subono
    Krisdayanti (Foto: instagram)



    Jakarta: Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) sedang menjadi perbincangan nasional. Salah satu pasal yang menuai polemik adalah ancaman hukuman bagi penghina presiden atau wakil presiden dan lembaga negara seperti DPR.

    Dalam RUU KUHP tertulis, orang yang menghina presiden atau wakil presiden di media sosial terancam hukuman maksimal 4,5 tahun penjara. Sementara orang yang melakukan penghinaan terhadap lembaga negara seperti DPR bakal diancam dengan hukuman maksimal dua tahun penjara.

     



    Masalah ini rupanya sampai ke telinga musisi yang juga aktivis, Melanie Subono. Dia mengunggah potongan grafis berita dengan judul "RUU KUHP: Hina DPR dkk Lewat Sosmed Dihukum 2 Tahun Bui".

    "Ih mereka kan ganteng ok cakep baik baik sekali kok," tulis Melanie Subono dalam keterangan foto.

    Unggahan Melanie pun mendapat ragam komentar dari warganet. Termasuk penyanyi Krisdayanti (KD) yang sekarang menjadi anggota DPR.

    KD sepertinya paham dengan ketidaksetujuan Melanie terhadap pasal kontroversial tersebut. Anggota DPR dari PDIP itu menyanggahnya dengan menyebut menghina seorang kepala negara memang sebuah tindakan pelanggaran hukum.

    "Mel setahuku menghina kepala negara jelas menyalahi aturan lahhh. Kalau wakil rakyat harus terbuka jelas dan peka akan hujatan, kadang lewat hujatan yang konstruktif ya muncul gagasan positif untuk kita kerja lebih keras dong. Aku enggak setuju ahhhh piss Mel sayang," tulis KD.

    Melanie belum terlihat menanggapi pernyataan KD. Namun, sanggahan KD juga turut mengundang komentar dari sejumlah warganet.

    "Kalau menghina secara subjektif dan tak berdasar tentu sudah aturanya. Takutnya kalau kritik secara objektif (kinerja dll ) pasal ini bisa digunakan Bu Kris. Negeri ini butuh juga orang-orang kritis Bu Kris," tulis salah satu warganet.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id